Sepekan Terakhir Sumbar 7 Kali Dilanda Gempa Bumi, Terbaru di Mentawai


Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:26:05 WIB
Sepekan Terakhir Sumbar 7 Kali Dilanda Gempa Bumi, Terbaru di Mentawai Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Selama sepekan terakhir, sebanyak tujuh kali gempa bumi mengguncang tanah minang Sumatra Barat (Barat). Gempa tersebut terjadi sejak 19 Juni lalu hingga 27 Juni 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mengungkapkan bahwa gempa tersebut tidak ada yang dirasakan oleh masyarakat karena kekuatan tidak melebihi lima magnitudo.

"Tercatat tujuh kali gempa bumi selama sepekan terakhir di wilayah Sumbar," kata Kelapa dan Seksi Data dan Informasi BMKG dari Stasiun Geofisika Padang Panjang, Mamuri, Sabtu (27/6/2020).

Dari tujuh kejadian gempa bumi yang tercatat oleh stasiun geofisika Padang Panjang, beberapa gempa bumi terjadi di darat dan sebagian di laut. Dua kali gempa bumi terjadi di Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai, sisanya di Agam, Pasaman dan Kabupaten Solok.

Gempa bumi yang terjadi di Pesisir Selatan berkekuatan 3,3 dan 3,6 magnitudo, sementara Kepulauan Mentawai 3,2 dan 2,9 magnitudo. Sedangkan Agam 2,6 magnitudo, Pasaman 2,3 magnitudo dan Kabupaten Agam 2,9 magnitudo. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]