Upaya Kudeta di Turki, 121 Orang Dibui Seumur Hidup


Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:14:25 WIB
Upaya Kudeta di Turki, 121 Orang Dibui Seumur Hidup Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada 121 orang sehubungan dengan upaya penggulingan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2016.

Media pemerintah melaporkan seperti dilansir DW, Sabtu (27/6/2020), hukuman tersebut dijatuhkan oleh pengadilan di Ankara, ibu kota Turki pada Jumat (26/6) waktu setempat.

Menurut pemerintah Turki, setidaknya 248 orang tewas, belum termasuk 24 orang komplotan pelaku kudeta, ketika unit militer mencoba menggulingkan Erdogan di Komando Umum Gendarmerie di Ankara pada 15 Juli 2016.

Dalam putusannya, pengadilan Turki menghukum 86 terdakwa dengan hukuman penjara seumur hidup yang diperberat, atau dengan penahanan yang lebih keras karena "berusaha melanggar konstitusi."

Sebanyak 35 orang lainnya juga dibui seumur hidup karena kejahatan yang sama.

Upaya kudeta yang gagal pada tahun 2016 menyebabkan ratusan ribu penangkapan dan pemecatan dari pekerjaan sektor publik - dengan para pengkritik menuduh Erdogan menggunakan pemberontakan kecil militer itu sebagai alasan untuk mengejar lawan-lawannya.

Kantor berita Turki, Anadolu melaporkan bahwa lebih dari 1.900 orang telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan Turki karena terkait kudeta tersebut.

Di bawah sistem hukum Turki, hukuman penjara seumur hidup yang diperparah memiliki ketentuan penahanan yang lebih keras dan diberlakukan untuk menggantikan hukuman mati, yang dihapuskan Turki pada tahun 2004 sebagai bagian dari upaya untuk bergabung dengan Uni Eropa. (*)


 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]