Olahraga Bersepeda Marak di Masa Pandemi, Beli Sepeda Mahal untuk Pansos?


Sabtu, 27 Juni 2020 - 09:46:32 WIB
Olahraga Bersepeda Marak di Masa Pandemi, Beli Sepeda Mahal untuk Pansos? Olahraga Bersepeda

HARIANHALUAN.COM - Ada fenomena menarik yang terjadi di masa pandemi Covid-19. Yakni adanya kegiatan baru yang terjadi di masyarakat.

Seperti diketahui, belakangan ini kegiatan bersepeda kembali marak dilakukan oleh warga. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Perkembangan sepeda begitu cepat. Hingga harga sepeda melonjak. Kendati demikian, benarkah masyarakat yang mengikuti tren beli sepeda mahal ini hanya sekedar pansos atau panjat sosial?

 naik sepeda 

Sosiolog Musni Umar mengatakan, bersepeda merupakan kegiatan murni untuk tujuan berolahraga. Karena sepeda dianggap sebagai olahraga berisiko rendah di masa pandemi Covid-19.

"Karena pada awalnya dampak dari Covid-19 adalah orang tidak boleh bergerombol. Kemudian masyarakat kelas menengah atas harus tetap berolahraga. Akhirnya dipilihlah olahraga sepeda," ungkapnya saat dihubungi Okezone.

Selain itu, lanjut Musni, olahraga sepeda merupakan olahraga berisiko rendah. Karena mengendarai sepeda masing-masing tentu menjaga jarak. Sehingga physical distancing tetap tercipta.

"Apalagi jika pemerintah sudah menerapkan aturan. Otomatis masyarakat sudah pakai masker, bawa hand sanitizer, dan jaga jarak juga," sambungnya.

Selain termasuk olahraga berisiko rendah. Sepeda juga tergolong sebagai salah satu olahraga yang tidak memakan biaya besar. Selain itu, bersepeda juga aman untuk lingkungan karena tidak menimbulkan polusi.

"Kalau di negara maju, yang dilestarikan justru sepeda. Negara maju tak lagi menggunakan motor. Yang banyak hanya sepeda dan transportasi umum," tuturnya.

Mansur berharap, kegiatan masyarakat yang gemar bersepeda saat ini didukung pemerintah. Menurutnya, kegiatan bersepeda negara maju juga didukung pemerintah. Ini berguna untuk mengurangi polusi yang dihasilkan oleh asap kendaraan.

"Kalau semakin banyak yang bersepeda, polusi jadi berkurang. Otomatis masyarakatnya jadi lebih sehat," pungkasnya. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 06:23:46 WIB

    Olahraga Pagi atau Malam Hari? Sama Baik kok, Ini Manfaatnya

    Olahraga Pagi atau Malam Hari? Sama Baik kok, Ini Manfaatnya HARIANHALUAN.COM - Konsisten berolahraga secara teratur seringkali menjadi sulit ketika harus menyesuaikan waktu yang tepat di tengah rutinitas yang sibuk..
  • Jumat, 11 September 2020 - 11:38:21 WIB

    Ingat Ya, Olahraga Berlebihan di Masa Pandemi Berbahaya!

    Ingat Ya, Olahraga Berlebihan di Masa Pandemi Berbahaya! HARIANHALUAN.COM - Olahraga penting untuk kebugaran tubuh, akan tetapi aktivitas fisik yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto mengingatkan, olahraga berlebihan justru menu.
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 14:47:39 WIB

    4 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Apa Saja?

    4 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Apa Saja? HARIANHALUAN.COM - Postur tubuh yang melebar membuat seseorang tidak percaya diri. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga. Salah satunya dengan disiplin menerapkan pola .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 12:02:08 WIB

    dr. Michael: Bersepeda, Olahraga Paling Aman Selama Pandemi Covid-19

    dr. Michael: Bersepeda, Olahraga Paling Aman Selama Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim, sekaligus Health Sports Center Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO menyampaikan, bahwa bersepeda merupakan olahraga yang paling aman selama masa pandemi.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 07:06:54 WIB

    Tips Agar Termotivasi Berolahraga di Rumah

    Tips Agar Termotivasi Berolahraga di Rumah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Secara tidak langsung, self isolation membuat seseorang melakukan segalanya di rumah, termasuk olahraga. Mereka yang biasanya tak punya waktu kini bahkan bisa meluangkan waktu untuk berolahrag.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]