Peta Politik di Pilkada Dharmasraya Terbaca, Petahana Mulai Tebar Pesona


Jumat, 26 Juni 2020 - 21:02:45 WIB
Peta Politik di Pilkada Dharmasraya Terbaca, Petahana Mulai Tebar Pesona ilustrasi Pilkada

HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) sudah diambang mata. Tahapan demi tahapan sudah dimulai kembali pasca pandemi Covid-19. Begitu pula di Kabupaten Dharmasraya, banyak nama sudah mulai bermunculan, baik dari kalangan politisi, pengusaha, birokrat dan swasta lainnya. Dari nama-nama yang muncul, suara pemilih Pulau Punjung akan menjadi terpecah.

Namun yang menarik, siapa dan nama yang akan maju dan ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi Desember mendatang masih berseliweran. Sebut saja, petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan,Amrizal Dt.Rajo Medan yang saat ini Wakil Bupati Dharmasraya, ada pula nama Yosrisal anggota DPRD Provinsi Sumbar dan ada nama Ampera Dt Labuan.

Tak hanya bakal calon (balon) Bupati, nama-nama untuk penghuni balon Wakil Bupati juga banyak bermunculan, seperti Tedy Deska Putra anak pengusaha sukses Zulfikar Atut Dt. Pangulu Bosau, ada nama Panji Mursidan Wakil Pembina Yayasan AAK yang juga anak politisi Hj. Elviana anggota DPD RI, ada pula nama Agung adik mantan Bupati Dharmasraya Marlon Martua Dt.Rangkayo Mulie.

Juga ada nama Rosandi Sanjaya peraih suara terbanyak pada Pileg lalu yang juga kader Gerindra, tokoh masyarakat Pulau Punjung Darlis Panin Dt. Labuan, H. Herman, Prihandoko dari kalangan Birokrat dan ada juga nama H. Widayatmo kader PKS mantan anggota DPRD Provinsi Sumbar.

Dari nama-nama bacalon tersebut, yang sudah pasti maju adalah petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Namun, siapa yang akan menjadi pasangannya belum jelas. "Yang jelas pasangannya dari Pulau Punjung," kata orang dekat Sutan Rizka yang enggan ditulis namanya.

Begitu juga dengan Amrizal Dt. Rajo Medan yang sering disebut RJM. Dari surat yang ditandatangani oleh Ketua DPD Golkar Dharmasraya H. Naskilin menyebutkan, salah satu balon bupati yang akan diusung adalah Wakil Bupati Dharmasraya tersebut dengan pegangan lima kursi di DPRD Kabupaten Dharmasraya.

Kemudian, ada nama Yosrisal yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar. Tentu tidak membabi buta saja menyatakan maju sebagai balon Bupati Dharmasraya. Pasalnya, selain sudah mendapat restu partai dengan empat kursi di DPRD Kabupaten Dharmasraya, dia juga mendapat dukungan dari parpol lain, sebut saja Partai Golkar, PKS, Berkarya dan Nasdem. Tapi, sepertinya ada koalisi kuat disini, yakni RJM dan Yosrizal.

Ada satu nama lagi yang sejak lama sudah mengumandangkan kepada khalayak ramai melalui baliho permanennya yang tersebar ke berbagai wilayah di Dharmasraya, yaitu Ampera Dt. Labuan Basa. Ketika ditanya harianhaluan.com, dengan nada tinggi dia menjawab bahwa keseriusannya untuk maju di Pilkada Dharmasraya sudah jelas.

Kader Partai Nasdem dengan modal tiga kursi ini tentu harus masih mencari tambahan dukungan partai. Namun, kalau dilihat dari nama-nama diatas, maka jelas suara masyarakat Pulau Punjung menjadi terpecah. Hal ini sangat dituntut keuletan tim sukses untuk meyakinkan para pemilih agar menjatuhkan dukungan kepada calon yang diusung.

Meskipun begitu, Ampera Dt Labuan Basa saat ini lebih banyak disebut akan mendampingi petahana sebagai balon Wakil Bupati. Artinya, Pulau Punjung akan mengusung satu nama putra terbaiknya maju sebagai balon Bupati yaitu Amrizal Dt Rajo Medan. Dengan demikian, dukungan masyarakat akan lebih kuat kepada calon Bupatinya.

Begitu juga dari Parpol, Golkar yang sudah lama menyatakan akan mengusung nama Yosrisal, saat ini juga sedang galau. Karena begitu RJM menyeberang dari Hanura ke Golkar, kemudian diiringi pula dengan surat DPD Partai Golkar yang menyebutkan nama RJM yang akan diusung pada Pilkada Dharmasraya mendatang. (*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]