Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi


Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB
Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi Kajari Solsel, M. Bardan, S.H., M.H

HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan telah diusulkan Kejati Sumbar ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Setelah beberapa waktu yang lalu, Kajari Solsel, M. Bardan, S.H., M.H telah memaparkan enam area perubahan sebagai fokus penilaian dan program-program yang telah dilakukan Kejari Solsel dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta sarana prasarana yang telah disiapkan.

Kajari Solsel, M.Bardan didampingi Kasi Intel, Andri Herdiansyah pada Harianhaluan.com, Kamis (25/6/2020) mengatakan, 
dalam hal ini Tim Penilai dan Tim Penguji  ditunjuk oleh Jaksa Agung RI, ST. Burhanuddin.

"Dalam kesempatan itu juga, Tim memberikan masukan, saran dan kritikan atas paparan, maupun pelayanan dan program yang telah dilakukan. Kemudian melengkapi kekurangan dan hal-hal lain yang diperlukan sehingga dapat disempurnakan," kata M.Bardan.

Menurutnya, pada Jumat (26/6/2020) adalah hari terakhir untuk melengkapi dokumen dan bahan-bahan serta data pendukungnya.  

"Sebagai salah satu dari tujuh Kejari yang diusulkan di Sumbar dalam Reformasi Birokrasi WBK. Kami telah memulai beberapa persiapan untuk penilaian langsung tim dari Kejagung," tuturnya.


Dia mengatakan, penilaian mandiri RB WBK Kejagung meliputi enam area perubahan yang difokuskan, yakni: 1. Manajeman Perubahan,
2. Penataan Tata Laksana,3.Penataan Sistem Manajemen SDM, 4. Penguatan Pengawasan, 5. Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan 6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

"Enam area perubahan yang telah dilakukan Kejari Solsel tersebut bakal dikirimkan melalui aplikasi berupa arsip foto dan video beserta data dokumen," lanjutnya.

M.Bardan, mengakui kendati dalam kondisi keterbatasan personil (SDM), pihak Kejari Solsel tetap berupaya maksimal dalam menuju WBK.

Pihaknya, kata M.Bardan, telah memulai Reformasi Birokrasi tersebut dalam menuju WBK. 

"Di internal, Kami telah beberapa kali melakukan wewenang untuk rotasi dan mutasi  staff antar bidang. Mutasi dan rotasi internal tersebut harus ada pendapat dan telaahan terkait rotasi mutasi," katanya.

Rotasi dan mutasi internal, disamping bertujuan untuk menambah wawasan dan kemampuan staff, juga diharapkan setiap personil mampu menguasai setiap bidang.

Selain itu, RB di Kejari Solsel juga telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dimana terangkum pelayanan tilang, ruang konsultasi, pelayanan sidang online, ruang diversi, ruang bermain anak, ruang disabilitas, pojok baca. 

"Terkahir, Kejari Solsel membuat program pelayanan PSBB atau pelayanan Pengembalian dan Serah terima Barang Bukti gratis," katanya.


Selanjutnya, Kejari Solsel juga akan menjadikan gedung kantor cabang yang lama di Muara Labuh sebagai Rumah Gadang Adhiyaksa (RGA). "Nanti, Kami juga bakal lounching program RGA di Mess Muara Labuh," tambahnya.

Kemudian, juga akan difungsikan sebagai kantor unit untuk pelayanan terhadap masyarakat yang jauh berurusan ke Pekonina. 

"Misalnya, pelayanan tilang dan Pelayanan Hukum gratis. Baik itu terkait pidana maupun perdata. Serta pelayanan
Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM). Pelayanan mungkin nanti tidak tiap hari di unit itu namun menyesuaikan. Bisa saja dua kali dalam seminggu," sambungnya.

Selanjutnya, gedung lama tersebut juga akan disulap menjadi rumah singgah untuk masyarakat umum. "Ini juga bagian mendukung sektor pariwisata di Solsel nantinya dalam jangka menengah. Intinya Kejari Solsel mendukung program pemerintah daerah yang konstruktif membangun apabila di amanahkan," bebernya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:51:56 WIB

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap HARIANHALUAN.COM - Terpidana kasus penipuan ratusan juta rupiah berhasil ditangkap setelah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Tim Kejakaaan Tinggi Sumatera Barat dan Kejaksaan Negeri Sawa.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.
  • Kamis, 09 April 2020 - 18:05:19 WIB

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dua pemerintahan di Luak Limopuluah, yaitu Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, serius dalam antisipasi penyebaran virus Corona. Buktinya saja, hampir Rp 50 miliar anggaran yang berasal d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]