Alumni Faterna Unand Rutin Diskusi Virtual, Berdayakan Potensi untuk Kemajuan Peternakan Sumbar


Rabu, 24 Juni 2020 - 18:08:44 WIB
Alumni Faterna Unand Rutin Diskusi Virtual, Berdayakan Potensi untuk Kemajuan Peternakan Sumbar Suasana diskusi virtual yang rutin digelar Alumni Faterna Unand melalui aplikasi zoom meeting.  IST

HARIANHALUAN.COM – Alumni Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Faterna Unand), bertekad untuk terus memajukan dunia peternakan serta memberdayakan potensi alumninya demi kemajuan Sumbar. Hal ini terungkap dalam beberapa kali diskusi alumni lintas angkatan yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang pesertanya mencapai 100 orang dalam tiap diskusi.

“Dua atau tiga kali seminggu kami rutin menggelar diskusi virtual ini, untuk menggali potensi-potensi alumni, menyatukan ide serta membahas hal-hal lain untuk kemajuan peternakan di Sumbar. Juga untuk membantu adik-adik yang baru lulus ataupun masih menjalani pendidikan di bangku perkuliahan,” kata Yunafri, salah seorang penggagas diskusi tersebut, Rabu (24/6).

Apalagi, lanjutnya, di antara alumni Faterna tersebut juga ada yang maju dalam pencalonan sebagai kepala daerah di Sumbar. “Ada banyak alumni yang akan maju sebagai calon kepala daerah. Misalnya, tiga orang di Tanah Datar, satu di Sijunjung dan satu lagi di Kota Solok. Ada juga dua alumni pelaku bisnis peternakan yang bakal ikut meramaikan pilkada tersebut. Kita dukung semua alumni tersebut, dengan memberikan konsep-konsep untuk kemajuan bidang peternakan, yang bisa mereka bawa dalam visi misinya untuk memajukan daerah jika salah seorang dari mereka terpilih sebagai kepala daerah,” lanjutnya.

Webinar bersama para alumni yang maju di pilkada ini, juga digelar Rabu malam (24/5). Di sini dibahas berbagai konsep dan strategi untuk kemajuan peternakan di Sumbar. Termasuk  bagaimana memberdayakan potensi alumni.

Lebih jauh Herrinal yang juga menjadi notulen dalam diskusi virtual tersebut mengatakan,  “Ada lebih dari 7.000 alumni Faterna yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia ataupun di luar negeri. Kami sedang mendata ulang alumni-alumni tersebut, bagaimana dan apa aktivitas mereka saat ini. Gunanya untuk memudahkan alumni lain ataupun adik-adik yang masih kuliah jika ingin mendapatkan informasi ataupun mungkin tentang pekerjaan dan lainnya dari database alumni itu,” paparnya.

Kehadiran Adrizal, yang juga salah seorang alumni kampus ungu yang kini berkarir di kampus tersebut, juga memberikan nilai tambah bagi jalannya diskusi. “Banyak saran dari Adrizal untuk alumni ini. Termasuk juga untuk mereka yang akan bertarung di pilkada nanti. Di sisi lain, alumni lainnya juga memberikan sumbang sarannya untuk kemajuan kampus Faterna Unand,” kata Yunafri.

“Ke depan, kami juga akan menggelar webinar untuk membahas potensi bisnis bidang peternakan. Tentunya, hal ini akan melibatkan para alumni yang sudah berhasil di bidang bisnis peternakan sebagai nara sumbernya, untuk berbagi pengalaman dengan alumni lainnya. Tujuannya memberikan motivasi untuk sesama alumni, bahwa potensi bisnis di bidang peternakan sangat besar, jika digeluti dengan serius,” lanjut Yunafri.

Ia juga tak mengatakan, banyak juga alumni Faterna yang justru bekerja tak sesuai bidang keilmuannya. Namun mereka sukses di bidang tersebut. “Ada yang jadi pengusaha, bankir, pebisnis ataupun bidang lainnya di luar peternakan. Dan mereka sukses. Semua ini membuat wadah forum alumni Faterna Unand menjadi lebih berwarna.

“Para alumni saling berbagi pengalaman, berbagi ilmu bahkan juga membantu sesama alumni jika ada yang mengalami musibah atau kemalangan. Kegiatan sosial alumni terus berjalan dengan baik. Bahkan, sekretariat alumni Faterna yang berada di pusat Kota Padang, setiap hari selalu diramaikan oleh kedatangan para alumni untuk berdiskusi berbagai hal, ataupun hanya sekadar untuk berkumpul alias reuni kecil-kecilan,” kata Herrinal.

Kekompakan alumni sangat terlihat  sejak digelarnya alumni Fatrena Unand lintas angkatan yang digelar di Bogor beberapa tahun lalu. Sejak itulah, mereka rajin berkomunikasi di grup whatsapp ataupun di sekretariat untuk membahas berbagai hal demi kemajuan dunia peternakan Sumbar. (h/atv)

loading...
Reporter : Atviarni /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]