Ayo Berdonasi, Bantu Keinarra Sembuh dari Myasthenia Gravis


Rabu, 24 Juni 2020 - 07:09:55 WIB
Ayo Berdonasi, Bantu Keinarra Sembuh dari Myasthenia Gravis Keinarra saat dalam perawatan di rumah sakit.

HARIANHALUAN.COM - Keinarra Putri Diandra adalah putri satu-satunya Dian Insani Putri, seorang bidan di Padang. Saat ini, dia berusia 4 tahun, tapi harus menderita karena didiagnosa menderita Myasthenia Gravis. Yakni, melemahnya otot tubuh akibat gangguan pada saraf dan otot. Gangguan ini disebabkan oleh autoimun dimana sistem kekebalan tubuh (antibodi) menyerang tubuh orang itu sendiri.

“Sebagai seorang ibu, aku rela mengupayakan apa saja asalkan anakku bisa sehat kembali. Nyawa pun akan aku korbankan untuk Keinarra,” kata Dian Insani Putri dilansir dari laman donasi benihbaik.com.

Saat lahir, kondisi Keinarra baik dan sehat. Pada usia 2 tahun (2018) Keinarra sakit dan harus dirawat selama 12 hari di RSIA Cicik Padang, Sumatera Barat. Dokter mendiagnosa Keinarra terkena bronkopneumoni, salah satu pneumonia berupa infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru. 

Setahun berselang, Keinarra kembali harus menjalani perawatan intensif di RSIA Padang akibat bronkopneumoni dan sakit asma yang menderanya. Hingga akhirnya dokter merujuk Keinarra ke RSUP Dr. M. Djamil Padang. Selama 4 hari Keinarra harus dirawat di HCU, sebelum akhirnya dipindahkan ke ruang rawat biasa. 

Sesekali jika sesak nafas, oksigen pun harus dipasang agar Keinarra bisa bernafas layaknya orang normal. Hari ke hari kondisi Keinarra tak kunjung membaik. Bahkan pada akhir Januari 2020, tiba-tiba kelopak matanya turun dan penglihatannya ganda. Setelah menjalani pemeriksaan, dokter mengatakan bahwa Keinarra mengalami autoimun, menderita Myasthenia Gravis.

Pengobatan yang harus dilakukan adalah memberikan injeksi imunoglobulin (IVIG) 30 ampul, dosis pemberiannya sehari 6x injeksi selama 5 hari. Harga 1 ampul sekitar Rp5.978.000. Biaya injeksi ini tidak ditanggung dengan BPJS. "Saya bingung dari mana harus membiayai pengobatan ini dan kebutuhan untuk pengobatan Keinarra yang lain, saya bekerja sebagai bidan dan ayah Keinarra seorang prajurit negara berpangkat rendah," jelasnya. 

"Kami mengalami kesulitan untuk pengobatan injeksi immunoglobulin Keinarra, tapi kami ingin Keinarra bisa sehat kembali. Saya tidak tega melihat Keinarra harus masuk keluar rumah sakit. Saya ingin Keinarra sembuh dan tumbuh sehat seperti anak-anak seusianya. Saya berharap ada yang mau membantu dan mendukung kesembuhan Keinarra," kata Dian.  

Untuk donasi dan dukungan dari masyarakat ataupun warganet, bisa langsung ke web https://benihbaik.com/campaign/anakku-keinarra-menderita-myasthenia-gravis. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]