Nikah di KUA Agam, Maksimal Jumlah Keluarga Mempelai yang Hadir 10 Orang


Selasa, 23 Juni 2020 - 13:48:01 WIB
Nikah di KUA Agam, Maksimal Jumlah Keluarga Mempelai yang Hadir 10 Orang KUA Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

HARIANHALUAN.COM - Menyikapi kondisi di lapangan, KUA Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam membatasi jumlah keluarga mempelai saat menghadiri pernikahan. Penghulu KUA Lubuk Basung, Mashadi Haryono mengatakan, saat prosesi pernikahan pihak keluarga mempelai hanya boleh menghadiri maksimal 10 orang.

Hal ini untuk membatasi kerumunan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

"Bahkan kedua mempelai dan keluarga yang menghadiri diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti, pakai masker, cuci tangan sebelum masuk ruangan," ujarnya Selasa (23/6/2020).

Tidak hanya itu, mempelai wali nikah dan petugas harus memakai sarung tangan, supaya tidak terjadi kontak langsung. Menurutnya, walaupun menikah di rumah, harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan orang tua mempelai harus membuat surat pernyataan untuk bersedia menerapkannya.

Lebih jauh, Mashadi menjelaskan bahwa sejak Maret hingga Juni 2020 lalu, calon pengantin yang akan mendaftar untuk menikah sebanyak 121 pasang.

"Jumlah pasangan menikah di Lubuk Basung berkurang sekitar 60 persen dari bulan yang sama pada 2019," terangnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 23:40:24 WIB

    Hendrajoni Jadi Saksi Nikah Putri Anggota DPRD Sumbar

    Hendrajoni Jadi Saksi Nikah Putri Anggota DPRD Sumbar HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menjadi saksi nikah putri anggota DPRD Provinsi Sumbar Bakri Bakar, Jumat (19/6) digelar di Masjid Masjid Akbar Baiturrahman, Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir .
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 17:08:46 WIB

    Kota Solok Belum Terapkan Kartu Nikah

    Kota Solok Belum Terapkan Kartu Nikah SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Program pergantian buku nikah menjadi kartu nikah yang diluncurkan pada 2018 oleh Kementerian Agama masih belum berjalan sepenuhnya. Sarana prasarana menjadi salah satu penyebab khususnya di daerah..
  • Senin, 19 November 2018 - 09:50:56 WIB

    Sawahlunto Tak Disertakan Uji Coba Kartu Nikah

    Sawahlunto Tak Disertakan Uji Coba Kartu Nikah SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kota Sawahlunto tidak masuk ujicoba kartu nikah yang diluncurkan Kementerian Agama RI. Untuk Sumatera Barat hanya dua daerah yang akan melakukan ujicoba..
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:59:48 WIB

    30 Persen Pasutri Pasbar Tak Punya Buku Nikah

    30 Persen Pasutri Pasbar Tak Punya Buku Nikah PASBAR, HALUAN - Pemkab Pasbar melalui Dinas Catatan Sipil (Discapil) terus melakukan inovasi dan pelayanan prima kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU sidang isbad terpadu antara Pemkab Pasbar deng.
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:56:50 WIB

    Surat Nikah tak Bisa Asal Diberikan

    PASBAR, HALUAN — Ke­pala Kantor Urusan Aga­ma (KUA) Kecamatan Ra­nah Batahan, Kurnia Kur­di, me­ngakui, jika ada war­ga me­minta surat reko­mendasi pin­dah nikah dari wilayah ter­tentu ke daerah lain. Tidak bisa a.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]