Penerimaan Baznas di Sawahlunto Capai Rp2 Miliar


Senin, 22 Juni 2020 - 10:23:13 WIB
Penerimaan Baznas di Sawahlunto Capai Rp2 Miliar Penyerahan zakat bagi mustahiq di Kecamatan Silungkang oleh BAZNAS Sawahlunto. Ist

HARIANHALUAN.COM - Terhitung periode Januari hingga Juni 2020, Badan Amin Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto telah menyalurkan zakat mencapai Rp2 miliar lebih kepada mustahiq yang berhak menerima di empat Kecamatan di kota ini.

Ketua BAZNAS Sawahlunto, M. Syarief mengatakan, untuk periode Juni 2020, disalurkan Rp423 juta lebih untuk semua Kecamatan yang ada.

"BAZNAS Sumatra Barat menargetkan kepada kita sebesar Rp3 miliar. Mudah-mudahan hingga Desember nanti bisa terealisasi," ujarnya.

Bulan ini lanjutnya, mustahiq di Kecamatan Sikungkang dibantu sebanyak 113 orang dengan anggaran Rp106 juta lebih, Kecamatan Barangin 69 orang Rp97 juta lebih, Kecamatan Talawi 177 orang Rp118 juta lebih dan di Kecamatan Lembah Segar 47 Mustahiq dengam total penyaluran Rp100 juta lebih.

"Bantuan yang kita salurkan untuk pendidikan, usaha, bedah rumay, biaya beribat, biaya masuk listrik serta untuk orang jompo," ujar M. Syarief.

Saat ini lanjut Syarief, masih banyak masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan, akan tetapi belum dapat direalisasikan semua. Hal itu katanya, sesuai dengan keersediaan dana, jika mencukupi dan kemudian calon penerima zakat sesuai ketentuan, maka secepatnya akan dapat diserahkan hak mereka tersebut.

Dia mengimbau, si penerima zakat tersebut dapat mememanfaatkan bantuan yang diberikan sesuai dengan peruntukannya. Dia juga berharap, zakat yang disalurkan itu dapat membantu perekonomian umat.

"Syukur-syukur dari mustahiq bisa menjadi muzakki atau orang yang mengeluarkan zakat. Paling tidak, bagi yang selama ini menerima bantuan untuk usaha, bisa lepas dari status penerima zakat," katanya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:57:11 WIB

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop HARIANHALUAN.COM - Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sekitar seribu-an guru mengaji TPQ dan PAUD yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos ataupun BLT Provinsi. Untuk kurun waktu 3 bulan ini bansos tersebut dihentikan .
  • Jumat, 12 Mei 2017 - 01:23:00 WIB

    Waspada Penipuan Penerimaan CPNS

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Penipuan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai beraksi di Kabupaten Limapuluh Kota. Korban dimintai uang hingga belasan juta rupiah dengan iming-iming segera menjadi CPNS tanpa harus melew.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 03:48:05 WIB
    Triwulan Pertama

    Penerimaan BPHTB DPKAD Lebihi Target

    BUKITTINGGI, HALUAN — Pencapaian penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk triwulan pertama tahun 2016 pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bukittingi melebihi target dari ya.
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 02:55:33 WIB

    Pemko Optimalisasikan Penerimaan Pajak

    PARIAMAN, HALUAN — Pe­me­rintah Kota Pariaman akan terus mengoptimalisasikan pe­nerimaan pajak dari sektor pajak rumah makan dan res­toran berdasarkan bill. Karena sampai saat ini hanya sebagian restoran dan rumah makan.
  • Selasa, 23 Februari 2016 - 02:26:40 WIB

    Penerimaan PKB dan BBNKB Lebihi Target

    SAWAHLUNTO, HALUAN —Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB) Samsat Kota Sa­wahlunto tahun 2015, terealisasi melebihi target yang ditentukan.Penerimaan PKB mencapai.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]