Profesi Alternatif yang Bisa Dilakoni di Masa Pandemi


Ahad, 21 Juni 2020 - 21:16:16 WIB
Profesi Alternatif yang Bisa Dilakoni di Masa Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penjual lepas atau sales bisa menjadi profesi alternatif di masa pandemi. Dengan kegigihan yang tinggi profesi ini bisa memberikan pemasukan tambahan di saat ekonomi sedang sulit.

Pakar marketing Hermawan Kartajaya menilai ada dua profesi sales yang cocok di masa pandemi Corona, pertama sales asuransi jiwa dan menjadi anggota MLM. Keduanya sama-sama menjual produk dengan sistem yang sudah ada.

Tapi untuk menjalaninya tentu tidak mudah. Menjadi sales harus memiliki mental baja dan tidak mudah menyerah. Selain itu harus memiliki jaringan yang luas.

"Itu pun nggak gampang, sering ditolak-tolak ya jangan gampang sakit hati," ujarnya kepada detikcom, Minggu (21/6/2020).

Hermawan pun memberikan tips, untuk menjadi sales yang baik harus menguasai customer knowledge. Itu artinya seorang sales harus memahami apa yang menjadi kebutuhan customernya.

"Namanya jualan ya sebetulnya selling itu kan make people buy. Membuat orang lain mau membeli, itu otomatis customer number one. Jadi bukan product knowledge saja, tapi juga customer knowledge," terangnya.

Menurutnya banyak sales yang justru keliru dengan hanya menguasai produknya saja atau product knowledge. Jika dia menghadapi target yang tidak membutuhkan produk itu maka tenaga yang dikeluarkan untuk menawarkan produk akan terbuang percuma.

"Banyak yang keliru memang, ketika orang sudah menguasai product knowledge terus dia ngoceh-ngoceh tawarin produknya maka orang akan beli, kan tidak. Si customernya butuh atau tidak, apa lagi masa pandemi saat ini semua orang sedang berhemat. Paling hanya alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, obat-obatan," tuturnya.

Memang, menjadi sales juga dibutuhkan ilmu. Terkadang ada pelatihan yang harus dibayar untuk mendapatkan ilmu sales. Namun di era saat ini pelatihan untuk menjadi sales bahkan bisa didapat secara gratis di YouTube.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:25:30 WIB

    Jika Lockdown Diterapkan, 5 Profesi Ini yang Paling 'Terancam'

    Jika Lockdown Diterapkan, 5 Profesi Ini yang Paling 'Terancam' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memiliki beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk menekan pertumbuhan angka kasus Covid-19, salah satunya adalah menerapkan lockdown. Namun, pilihan me-lockdown Indonesia ternyata juga me.
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:04:15 WIB

    Koperasi Harus Dikelola Secara Profesional

    PADANG, HALUAN — Da­lam rangka membangun dan me­ngembangkan koperasi sebagai badan usaha seka­ligus gerakan ekonomi rakyat, koperasi itu harus dikelola secara pro­fesio­nal dengan menerapkan prinsip keterbukaan, trans.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]