Setiap 6 Detik Hutan Seluas Lapangan Bola Lenyap di Amazon


Ahad, 21 Juni 2020 - 20:36:17 WIB
Setiap 6 Detik Hutan Seluas Lapangan Bola Lenyap di Amazon Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menurut hasil penelitian, sepanjang tahun 2019 hutan seluas lapangan bola hilang setiap 6 detik di Amazon. Tahun terburuk bagi kelestarian hutan Amazon.

Berdasarkan hasil riset Global Forest Watch yang dilakukan oleh World Resource Institute (WRI), hutan seluas lapangan bola hilang setiap 6 detik dari kawasan Amazon. Total ada 3,7 juta hektar hutan yang musnah dari Amazon sepanjang tahun 2019.

"Laju kerusakan hutan yang kita lihat sepanjang tahun 2019 sungguh tidak bisa diterima. Kita seperti berjalan ke arah yang salah," ungkap Frances Seymour, peneliti World Resources Institute seperti dikutip detikTravel dari New York Times, Jumat (19/6/2020).

Mikaela Weisse, Project Manager dari Global Forest Watch mengatakan kerusakan hutan primer di Amazon merupakan hal yang paling dikhawatirkan oleh para peneliti. Dampaknya bisa sangat parah bagi kelangsungan biodiversitas satwa dan juga jejak karbon yang ditinggalkan.

"Fakta bahwa kita kehilangan mereka secara cepat adalah hal yang sangat mengkhawatirkan," kata Mikaela kepada Reuters.

Angka kerusakan hutan di tahun 2019 termasuk yang terburuk dalam catatan sejarah. Kerusakan hutan di tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 2,8% dari tahun 2018.

Menurut para peneliti dari Global Forest Watch, penyebab utama kerusakan hutan masih berasal dari kebakaran hutan, aktivitas ekspansi agrikultur, juga pertambangan ilegal dan pembalakan liar.

Belum lagi ditambah dengan meningkatnya jumlah populasi manusia sehingga kebutuhan tempat tinggal pun meningkat, membuat naiknya kebutuhan lahan dan hutan hujan tropis pun makin terdesak.

Apalagi memasuki tahun 2020, pandemi Corona membuat krisis semakin bertambah. Pemerintah Brasil harus memilih antara kerusakan hutan atau Corona. Akhirnya hutan Amazon yang jadi korban.

Analisis menyebutkan memasuki tahun 2020, areal hutan seluas 4 kali kota Paris rusak sepanjang bulan April kemarin. Selama Januari hingga April 2020, total ada 1.202 kilometer persegi hutan yang rusak. Hutan seluas itu sama dengan 20 kali luas Manhattan.

Selain Brasil, masalah deforesasi hutan juga dialami oleh Republik Demokratik Kongo dan juga Indonesia. Kongo kehilangan 475 ribu hektar hutan, sedangkan Indonesia kehilangan sekitar 324 ribu hektar hutan sepanjang tahun 2019.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 17:47:36 WIB

    Di AS, Setiap Menit Ada 1 Warga Tewas Karena Covid-19

    Di AS, Setiap Menit Ada 1 Warga Tewas Karena Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Satu orang di Amerika Serikat meninggal setiap menitnya akibat Covid-19 pada hari Rabu (29/7). Kasus ini melonjak ketika jumlah kematian nasional di negara itu melampaui 150.000 dan tertinggi di dunia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]