Inilah Cara Mematikan Iklan Politik di Facebook dan Instagram


Jumat, 19 Juni 2020 - 15:04:44 WIB
Inilah Cara Mematikan Iklan Politik di Facebook dan Instagram Foto: Facebook dan Instagram.

HARIANHALUAN.COM – Dalam beberapa minggu ke depan, pengguna Facebook dan Instagram bisa mematikan seluruh iklan politik yang muncul di masing-masing platform. Pengumuman tersebut datang setelah adanya protes atas ketidakadilan sosial pemilihan umum (pemilu) di Amerika Serikat meningkat pada tahun ini.

Fitur tersebut telah diumumkan sebelumnya pada awal tahun ini dan diluncurkan ke seluruh pengguna Amerika dalam beberapa minggu ke depan.

Menurut postingan dari blog resmi perusahaan, yang dikutip CNET, Jumat, 19 Juni 2020, pengguna bisa mencegah semua isu sosial, pemilihan dan iklan politik dari kandidat yang mencalonkan diri.

Akan ada dua cara berbeda untuk mematikan iklan tersebut dari Instagram dan Facebook. Pada Facebook, pengguna bisa mematikan seluruh iklan sebelum melihatnya pada Feed.

Tinggal masuk ke Settings & Privacy lalu tekan Settings, setelah itu press Ads dan Ad Preferences. Lalu, pengguna masuk ke Ad Topics setelah itu menuju social issues, elections atau politics. Terakhir, tekan see fewer ads tentang topik tersebut.

Iklan politik pada aplikasi akan terlihat tag yang tertulis Confirmed Organization di bagian kanan atas. Jika melihat iklan tersebut saat sedang scrolling, pengguna tinggal menekan tag dan window akan muncul di bagian bawah layar.

Setelah itu pengguna cukup memilah tiga pilihan, yaitu 'Who paid for this ad?', 'Why am I seeing this?, atau 'See fewer ads about this topic'. Tekan 'See fewer ads about this topic' di window yang muncul pilih konfirmasi untuk melihat sedikit iklan soal isu sosial, pemilihan, dan politik.

Sedangkan untuk di Instagram, bisa masuk ke pengaturan akun dan pilih ad topics lalu tekan See fewer ads mengenai isu sosial, pemilihan, dan pilitik. Saat scrolling di Feed melihat iklan politik, bisa menekan Paid for by dan pilih See fewer ads like this.

Meskipun fitur pilihan ini baru dimulai untuk pengguna di Amerika Serikat (AS), Facebook berencana untuk membuatnya bisa diakses di negara di mana platform punya penegakan aturan soal iklan terkait isu sosial, pemilihan dan politik beberapa bulan lagi. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 16:46:18 WIB

    Tak Hanya Menghibur, Inilah Beragam Manfaat Main Game

    Tak Hanya Menghibur, Inilah Beragam Manfaat Main Game HARIANHALUAN.COM - Tendensi anak muda yang menghabiskan waktunya untuk bermain game seringkali membuat para orang tua khawatir. Namun, beberapa insights terbaru menunjukkan data menarik yang dapat membantu kita, khususny.
  • Jumat, 18 September 2020 - 07:52:07 WIB

    Inilah Negara Terbanyak Mengunduh TikTok, Indonesia Salah Satunya

    Inilah Negara Terbanyak Mengunduh TikTok, Indonesia Salah Satunya HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tidak tahu TikTok? Aplikasi asal Cina yang sedang naik daun ini telah menjadi daya tarik masyarakat hampir di seluruh dunia dan menjadi aplikasi paling viral berdasarkan data bulan Agustus 2020.
  • Kamis, 10 September 2020 - 07:19:10 WIB

    Wajib Tahu! Inilah Cara Cek dan Melaporkan Rekening Penipu Olshop

    Wajib Tahu! Inilah Cara Cek dan Melaporkan Rekening Penipu Olshop HARIANHALUAN.COM - Anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi korban penipuan akun jualan online melalui Instagram. Cerita tersebut dibagikan oleh Kaesang melalui akun Twitternya. .
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 14:34:25 WIB

    Inilah Oppo A53, Smartphone Murah tapi Berkualitas

    Inilah Oppo A53, Smartphone Murah tapi Berkualitas HARIANHALUAN.COM - Oppo kembali memboyong ponsel golongan menengah ke Indonesia. Kali ini, Oppo A53 siap menggebrak pasar ponsel Tanah Air dengan keunggulan yang ciamik. Dengan harga jual Rp2,5 juta, ponsel ini didukung laya.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 14:45:28 WIB

    Belajar Daring? Inilah 4 Laptop Khusus Pelajar, Murah dan Berkualitas

    Belajar Daring? Inilah 4 Laptop Khusus Pelajar, Murah dan Berkualitas HARIANHALUAN.COM - Sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 meluas di Indonesia, memaksa proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Dengan diterapkannya sistem online tentu membutuhkan fasilitas penunjang. Salah satu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]