Geger, Pulau Tak Berpenghuni di Mamuju Dijual Rp 2 M


Jumat, 19 Juni 2020 - 13:58:47 WIB
Geger, Pulau Tak Berpenghuni di Mamuju Dijual Rp 2 M Pulau Malembar di Sulawesi Barat. (Istimewa)

HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Mamuju, menyelidiki informasi jual beli Pulau Malamber, Sulawesi Barat (Sulbar). Pulau tidak berpenghuni di gugusan Kepulauan Bala-Balakang itu dikabarkan dijual seharga Rp 2 miliar.

Kasat Reskrim Polresta Mamuju AKP Syamsuriansyah mengatakan telah memanggil sejumlah pihak yang diduga mengetahui masalah ini. Di antara kepada desa hingga kepala desa

"Termasuk kepala desa, Camat Bala Balakang dan kepala dusun, kami juga sudah mengirim undangan klarifikasi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, dan diutus kabag hukumnya datang ke sini untuk memberikan keterangan," kata Syamsuriansyah dikutip dari detik.com, Jumat (19/6/20).

Pulau Malamber dikabarkan dijual oleh salah seorang pria warga Sumare, Kecamatan Simboro, kepada pengusaha asal Kalimatan.

"Camat yang telah dimintai keterangan membenarkan kejadian pembelian pulau itu memang ada, dan DP-nya disebutkan sebesar Rp 200 juta, cuma kita sampai sekarang ini untuk meng-clear-kan permasalahan ini, apakah memang ini pembelian pulau, karena ada juga yang mengatakan ini bukan pembelian pulau tapi sebidang tanah, tapi kita harus lihat kesepakatan Rp 2 miliar dan telah dibayarkan sebesar 200 juta, apakah memang cocok untuk pembelian sebidang tanah di Pulau Malamber itu, nanti kita lihat seperti apa," paparnya.

Syamsuriansyah mengaku, masih mempelajari beberapa literatur perundang-undangan untuk melakukan penyelidikan guna mengungkap ada tidaknya unsur tindak pidana dalam proses jual beli pulau ini.

"Sampai saat ini kami masih melakukan proses penyelidikan, nanti di dalam proses penyelidikan ini jikalau memang kami dapatkan bahwa ada beberapa alat bukti yang sah, dan terpenuhi unsur pidananya untuk kita ajukan, maka kita akan gelar perkara terlebih dahulu, untuk dapat tidaknya naikkan di proses penyidikan," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:18:57 WIB

    Warga Klaten Geger, Ada Kelelawar Oranye yang Nyelonong Masuk Rumah

    Warga Klaten Geger, Ada Kelelawar Oranye yang Nyelonong Masuk Rumah HARIANHALUAN.COM - Warga Klaten dikagetkan dengan seekor kelelawar berwarna oranye yang nyelonong masuk ke rumahnya. Kelelawar oranye ini ternyata jenis pemakan serangga..
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 11:46:29 WIB

    Geger, Pohon Roboh 4 Tahun Lalu Berdiri Lagi

    Geger, Pohon Roboh 4 Tahun Lalu Berdiri Lagi PROBOLINGGO, HARIANHALUAN.COM - Warga Dusun Sumber Tumpang, Desa Wonoasri, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, geger setelah menemukan pohon Nanggher (Randu Alas) yang telah 4 tahun roboh kini diketahui telah kembali be.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]