Aplikasi Mobile JKN Berhasil Kurangi Antrian Panjang di Rumah Sakit Unand


Jumat, 19 Juni 2020 - 12:37:17 WIB
Aplikasi Mobile JKN Berhasil Kurangi Antrian Panjang di Rumah Sakit Unand Tenaga kesehatan RS Unand menunjukkan beranda aplikasi Mobile JKN yang bisa dimanfaatkan peserta JKN-KIS untuk mengakses antrean online pelayanan rujukan di poliklinik RS Unand.

HARIANHALUAN.COM - Direktur Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand) Padang, Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U mengatakan bahwa penerapan inovasi antrean online melalui aplikasi Mobile JKN di RS Unand sejalan dengan upaya pencegahan penyakit menular di tengah masa pandemi seperti ini. Pasien dan keluarga pasien wajib datang tepat waktu di jam booking, sehingga kerumunan di ruang tunggu bisa diminimalisir.

“Karena pasien bisa dipersiapkan lebih awal sebelum datang ke RS, kita sudah punya info tentang pasien apakah kemungkinan kategori menular atau tidak melalui sistim online yang kita punya ini,” katanya, Jumat (19/6).

Secara teknisnya di lapangan, sambung Yevri, pasien yang dirujuk ke RS Unand dapat melakukan booking online melalui Mobile JKN. Setelah berhasil melakukan booking tersebut, pasien akan mendapatkan nomor antrean poliklinik dan estimasi jam kapan akan dilayani.

“Pada hari H kunjungan pasien silahkan datang sesuai jam estimasi dan langsung ke pendaftaran untuk membuat SEP rawat jalan. Selanjutnya pasien silahkan menuju ruang tunggu poliklinik untuk dilakukan assessment awal dan menunggu panggilan untuk bertemu dengan dokter spesialisnya,” tambahnya.

Bagi RS Unand, inovasi antrean online melalui Mobile JKN diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan antrean panjang pasien saat proses mendaftar berobat. Mobile JKN menghadirkan banyak kemudahan untuk pasien selama pasien tersebut mau memanfaatkannya.

“Kita sebelumnya juga sudah menciptakan antrean online ini melalui website, whatsapp, telepon atau booking langsung di Informasi Centre. Antrean online melalui Mobile JKN menambah lengkap sarana kami, khususnya untuk memudahkan peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional),” ungkapnya.

Yevri berharap peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memiliki smartphone wajib memastikan aplikasi Mobile JKN terinstal, pasalnya selain untuk antrean online aplikasi tersebut juga berguna untuk mengetahui aktif atau tidaknya status kepesertaan, jumlah tagihan yang belum dibayar peserta mandiri hingga catatan pembayaran serta catatan pelayanan kesehatan.

“Dari Mobile JKN juga bisa untuk mengetahui jumlah tempat tidur yang masih tersedia, jam praktik dokter di poliklinik serta mengetahui daftar pasien yang akan mendapat tindakan operasi di RS Unand. Implementasi jadwal tindakan operasi ini tentu sangat membantu pasien agar tidak tertunda dan mendapat kepastian kapan mau dioperasi. Proses daftar rawat inap menjelang operasi pun lebih mudah,” tambah Yevri.

Secara teknis dokter akan menjadwalkan operasi pasien, selanjutnya petugas OK akan menginput jadwal operasi sesuai dengan surat rencana operasi yang dibuat oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien. Inputan jadwal operasi tersebut secera otomatis terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN.

Selanjutnya, Yevri berharap agar antrean online langsung terintegrasi dengan SEP, agar ketika pasien sudah melakukan booking online menggunakan Mobile JKN, petugas rekam medis disaat mencetak SEP tidak perlu lagi konfirmasi sidik jari pasien, sehingga mempercepat lagi proses pendaftaran ulang pasien booking.

“Apabila secara teknis mengalami gangguan, tim IT rumah sakit akan melakukan pengecekan permasalahan. Apabila permasalahan muncul dari internal rumah sakit, tim IT akan langsung memperbaiki masalah tersebut. Tapi jika permasalahan muncul dari luar rumah sakit, tim IT akan koordinasi dengan pihak yang terkait, misal dengan IT BPJS Kesehatan,” ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]