Bukan Covid-19, Empat Warga Pasaman Barat Ini malah Terjangkit DBD


Kamis, 18 Juni 2020 - 20:46:14 WIB
Bukan Covid-19, Empat Warga Pasaman Barat Ini malah Terjangkit DBD Kantor Dinas Kesehatan Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Selang waktu empat hari dan dalam lokasi yang berdekatan, empat orang warga ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dinyatakan positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Jon Hardi kepada awak media, Kamis (18/6/2020) membenarkan hal tersebut..

Untuk kondisinya, saat ini seorang sudah dinyatakan sembuh dan tiga orang lagi masih dirawat di RS Yarsi Simpang Empat. "Ada empat warga Jorong Ophir yang terjangkit DBD. Satu orang sudah dinyatakan sembuh dan tiga orang lagi sedang dirawat di RS Yarsi dalam keadaan stabil," ujarnya.

Jon Hardi menambahkan, kasus DBD tersebut diketahui pada pasien pertama, Senin (15/6/2020) dan tiga kasus lainnya ditemukan Rabu (17/6/2020) kemarin. Mengetahui hal itu, pihaknya bersama tim langsung terjun ke lokasi untuk melakukan peninjauan terhadap pemukiman masyarakat sekitar.

"Tim langsung turun ke lapangan meninjau pemukiman masyarakat sekitar dan memang ditemukan jentik nyamuk di beberapa titik di seputar pemukiman masyarakat," pungkas Jon Hardi.

Dijelaskannya, untuk melakukan langkah pencegahan, rencananya masyarakat sekitar pada Sabtu (20/6/2020) nanti akan bersama-sama melakukan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan dan sekaligus tim akan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat agar dapat memahami langkah yang akan dilakukan untuk mencegah DBD.

"Kita akan lakukan gotong-royong dengan masyarakat dan sekaligus penyuluhan yang dilanjutkan dengan fogging (penyemprotan asap) untuk melakukan pencegahan," sebutnya.

Jon Hardi menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, bulan Juni memang menjadi bulan yang rawan kasus DBD karena seiring dengan cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi. Sehingga, masyarakat harus memperhatikan lingkungan dan kondisi kebersihan agar terhindar dari penyakit.

"Mari kita kita jaga lingkungan dan kondisi kesehatan untuk menghindari DBD, terlebih dalam kondisi tingginya cirah hujan saat ini," harap Jon Hardi mengakhiri. (*)

loading...
Reporter : Fadli /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]