Warga Dharmasraya Banyak Tak Pakai Masker, Ramadian: Terjadi Infeksi Saluran Pernapasan Langsung Dicap ODP


Selasa, 02 Juni 2020 - 11:34:31 WIB
Warga Dharmasraya Banyak Tak Pakai Masker, Ramadian: Terjadi Infeksi Saluran Pernapasan Langsung Dicap ODP Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian.

HARIANHALUAN.COM -- Di saat pandemi yang terjadi saat ini pemerintah menganjurkan pada masyarakat untuk dapat menggunakan masker dan menjadikan list pertama saat keluar rumah. Hal tersebut berguna untuk mencegah penularan Covid-19 melalui jalur masuk yang terdapat di wajah.

Jalur masuk virus yang terdapat pada wajah terdapat pada mata, hidung, serta mulut. Jika masyarakat tidak menggunakan masker maka persentase kemungkinan terjangkit virus corona akan besar. Namun, ada saja masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran tersebut. Bahkan enggan menggunakan masker dengan alasan napas sesak.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian mengakui banyak warga tak pakai masker. Ia juga sangat menyayangkan terhadap kesadaran masyarakat tidak memakai masker saat itu. Dikutip dari akun Instagram @infodharmasraya, Selasa (2/6) ia mengatakan selaku petugas medis menganjurkan masyarakat Dharmasraya untuk menggunakan masker demi mencegah penularan virus corona.

Menurutnya dari hasil pantuan tim gugus tugas, masih banyak masyarakat Kabupaten Dharmasraya tidak mengunakan masker, apa lagi saat saat lebaran Idulfitri kemarin hingga saat ini.

“Mungkin mereka ini belum tahu manfaat dari masker tersebut. Menggunakan masker sangat bermanfaat sekali apa lagi saat ini dalam masa pandemi covid -19, masuk nya virus ke dalam tubuh itu di antranya mata, lubang hidung dan mulut. Maka dari itu kita sarankan untuk wajib memakai masker,” terangnya.

Ia juga menegaskan jika masyarakat tidak mau menggunakan masker dan mengalami infeksi saluran pernapasan maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya akan langsung mengkategorikan orang tersebut sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Tindakan tersebut dilakukan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan kegunaan masker. Sebab, masker dapat menghalangi ribuan virus yang akan masuk ke dalam tubuh. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:31:11 WIB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Walinagari Tarung Tarung, Asparuddin mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Ditambah pula dengan diterbitkannya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) oleh Pemer.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:17:54 WIB

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong HARIANHALUAN.COM - Petugas Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Dukcapil Lengayang melakukan kegiatan pelayanan pencocokan dan penelitian (Coklit) data kependudukan pada warga Kampung Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat. Coklit da.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 14:54:18 WIB

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Terjadi penambahan 7 orang warga Solok Selatan (Solsel) terkonfirmasi positif Covid-19 dan tiga orang dinyatakan sembuh. Berdasarkan data pantauan Covid-19, Minggu (11/10/2020) yang dirilis Humas Pemkab Sol.
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]