Waduh! Kontak dengan Pasien Positif, 37 Nakes Puskesmas Barung-barung Belantai Jalani Karantina


Senin, 01 Juni 2020 - 11:02:00 WIB
Waduh! Kontak dengan Pasien Positif, 37 Nakes Puskesmas Barung-barung Belantai Jalani Karantina Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah diduga menjalin kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 37 orang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Barung-Barung Belantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), harus menjalani karantina.

"Ada yang kontak dengan pasien pria berumur 48 tahun yang beralamat di Parak Laweh Padang, seorang ASN, di Puskesmas Barung-Barung Belantai. Pasien itu masuk klaster Pasar Raya Padang,” kata Rinaldi, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel yang dikutip dari akun Instagram @pessel_info, Senin (1/6).

Ia menjelaskan, dari 37 orang tenaga kesehatan tersebut sebanyak 33 orang direncanakan akan menjalani karantina di Rusunawa Painan, mulai hari Minggu (31/5). Sementara 4 orang lainnya akan menjalani karantina atau isolasi mandiri di rumah karena sedang hamil tua.

Sementara di Rusunawa Painan, saat ini terdapat 43 warga yang menjalani karantina. Pasien berasal dari Nagari Koto IV Hilie, Kecamatan Batang Kapas, dan warga Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dua kelompok warga itu harus masuk karantina setelah kontak dengan salah seorang warga yang positif Covid-19 dari Klaster Pasar Raya Padang. Ketika Hari Raya Idulfitri 1441 Hijiriah, 2 warga Pessel yang selama ini beraktivitas di Pasar Raya Padang pulang kampung, satu ke Batang Kapas yang satu lagi ke Tarusan.

"Waktu itu, mereka sebetulnya sudah diambil swab tetapi belum keluar hasil pemeriksaannya. Masa menunggu hasil swab itulah mereka manfaatkan untuk pulang kampung. Akibatnya, setelah hasil swab keduanya keluar positif Covid-19, semua yang kontak dengan mereka harus menjalani karantina," jelas Rinaldi. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram @pessel_info /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:46:35 WIB

    Waduh! Ada Pungli Urang Bagak di SPBU Bypass KTK Kota Solok

    Waduh! Ada Pungli Urang Bagak di SPBU Bypass KTK Kota Solok HARIANHALUAN.COM -- Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bypass KTK, Kota Solok tidak nyaman lagi karena ada 'urang bagak' melakukan pungutan liar (Pungli) di lokasi SP.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]