Sabar Bunda, Jadwal Masuk Sekolah Masih Belum Jelas


Selasa, 26 Mei 2020 - 14:44:47 WIB
Sabar Bunda, Jadwal Masuk Sekolah Masih Belum Jelas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim (Screenshot BNPB)

HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan perlu mempertimbangkan ulang dalam menentukan tahun ajaran baru di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19.

Nadiem juga membantah soal informasi yang beredar tentang tahun ajaran baru yang dilakukan bulan Juni 2020.

"Mohon menunggu dan saya belum bisa memberikan statement apapun untuk keputusan itu. Karena dipusatkan di gugus tugas. Mohon kesabaran. Kalau ada hoax-hoax dan apa sampai akhir tahun, itu tidak benar," kata Nadiem saat melakukan rapat kerja virtual dengan Komisi X, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (26/5/2020).

Sebelumnya, Kemenko Perekonomian lewat kajian awal pemuihan ekonomi yang akan dilakukan secara bertahap menyebut bahwa kegiatan pendidikan di sekolah sudah boleh dilakukan pada 15 Juni 2020. Namun dengan sistem shift sesuai jumlah kelas.

Menurut Nadiem, di tengah pandemi ini, keputusan kapan akan dimulai tahun ajaran baru bukan ada di tangannya.

"[Keputusan] bukan di Kemendikbud. Keputusannya kapan, dengan format apa, dan seperti apa, dan karena ini faktor kesehatan, itu masih di gugus tugas," kata Nadiem melanjutkan.

Dia menegaskan Kemendikbud sebagai eksekutor pendidikan, selalu siap dengan semua skenario. Skenario apapun masih terus diskusikan dengan para pakar, dan keputusannya berada di tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Pandemi COVID-19 juga sangat berdampak pada sistem pembelajaran yang dilakukan di rumah. Dampak ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di seluruh negara.

"Memang kita harus jujur dan pragmatis, belajar di rumah jelas punya dampak negatif ke pembelajaran. Bukan hanya di Indonesia, tapi seluruh negara. Tapi kami yakin, keluar dari krisis ini ada hikmah dan pembelajaran, dan keluar dari mindset atau pola pikir yang baru, yang akan jadi katalis di revelousi pendidikan," jelas Nadiem.

"Walaupun kita mengalami penurunan saat ini, tapi akselerasi untuk keluar dari COVID-19 ini menjadi sangat tinggi, dan lebih besar dan lebih cepat bisa melakukan adopsi perubahan-perubahan yang baru, dari sisi teknologi dan pola pikir," lanjutnya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 September 2020 - 11:25:05 WIB

    Pegawai Kontrak Pemerintah Harap Bersabar, Aturan Gaji Tunggu Paraf Sri Mulyani

    Pegawai Kontrak Pemerintah Harap Bersabar, Aturan Gaji Tunggu Paraf Sri Mulyani HARIANHALUAN.COM - Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) tentang gaji dan tunjangan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara substansial telah disepakati. Saat ini sudah masuk ke dalam paraf para mente.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:32:59 WIB

    Mohon Bersabar, Pencairan Gaji ke-13 Tunggu Diteken Jokowi

    Mohon Bersabar, Pencairan Gaji ke-13 Tunggu Diteken Jokowi HARIANHALUAN.COM - Gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digadang-gadangkan cair pada awal bulan Agustus 2020 ini terkendala tanda tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Diperkirakan gaji tersebut akan cair pert.
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 08:34:45 WIB

    Bioskop Seluruh Indonesia Batal Dibuka 29 Juli, Sabar ya

    Bioskop Seluruh Indonesia Batal Dibuka 29 Juli, Sabar ya HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan regulasi soal pembukaan bioskop 29 Juli 2020. Pembukaan bioskop di tanggal tersebut batal dilaksanakan..
  • Senin, 13 Juli 2020 - 14:44:13 WIB

    Sabar ya, Gaji ke-13 PNS 2020 Akan Diputuskan Oktober

    Sabar ya, Gaji ke-13 PNS 2020 Akan Diputuskan Oktober HARIANHALUAN.COM - Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah berusaha menghemat anggaran untuk bisa dialokasikan membantu masyarakat yang paling terdampak. Salah satunya melalui program bantuan sosial dan bantuan langsung tuna.
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:46:52 WIB

    Harap Bersabar, Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 2 Minggu Lagi

    Harap Bersabar, Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 2 Minggu Lagi HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja akan dibuka sekitar dua minggu lagi. Jadi, para calon peserta harap bersabar ya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]