PSBB DKI Selesai 4 Juni, Mal Bersiap Buka Lagi


Senin, 25 Mei 2020 - 14:12:51 WIB
PSBB DKI Selesai 4 Juni, Mal Bersiap Buka Lagi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan mal-mal bisa operasional kembali 5 Juni 2020. Hal itu karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jakarta yang akan berakhir 4 Juni 2020.

"Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka," kata Ellen kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Saat ini pihaknya sedang meminta para tenant untuk menyiapkan pembukaan mal setelah dua bulan tak beroperasi. Berbagai persiapan itu mulai dari protokol kesehatan yang akan diterapkan, karyawan, hingga barang yang akan dijajakan.

"Karena untuk buka satu tenant itu nggak gampang. Mereka juga harus persiapin karyawannya ready nggak, barangnya ready nggak. Kayak restoran bahan bakunya kan harus dikirim lagi karena sudah dua bulan tutup. Waktu itu sudah dibawa karena nggak boleh disimpan di sana (di mall) biar baru. Semua sedang melakukan persiapan," ucapnya.

Menurutnya, pembukaan mal memang harus segera dilakukan. Mengingat ekonomi yang sudah hancur dan banyak karyawan terdampak, seperti tidak digaji hingga dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Jadi kita mau nggak mau, senang tidak senang kita coba dengan yang namanya new normal yaitu hidup bersama COVID-19 itu yang dibilang. Tapi kita tetap jaga dengan ketat urusan protokol kesehatan. Kalau nggak gitu mau kapan dibuka?," ujarnya.

Sementara dihubungi terpisah, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut mal di wilayah DKI Jakarta akan kembali dibuka 8 Juni 2020.

Budi mengatakan sampai hari ini belum mendapat info terbaru lagi soal pembukaan mal. Disebutnya, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah masih melihat hasil kasus Corona (COVID-19) sampai Lebaran ini.

"Saya belum ada info lagi. Pemerintah pusat maupun Pemda (Pemerintah Daerah) masih melihat hasil Lebaran ini bagaimana," kata Budi.

Pembukaan mal 8 Juni 2020 mendatang juga masih menunggu kepastian dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian.

"(8 Juni mal dibuka) itu pun masih menunggu kepastian Kemenko (Perekonomian) bagaimana," sebutnya. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:23:58 WIB

    Sri Mulyani Sebut PSBB Ketat di DKI Bikin Ekonomi Tersendat

    Sri Mulyani Sebut PSBB Ketat di DKI Bikin Ekonomi Tersendat HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan PSBB ketat yang diberlakukan di DKI Jakarta membuat pemulihan ekonomi tertahan. Dia menjelaskan sebenarnya aktivitas perekonomian sudah mengalami pemulihan .
  • Kamis, 24 September 2020 - 19:35:53 WIB

    PSBB Jakarta Diperpanjang, Pengusaha Mal: Memberatkan!

    PSBB Jakarta Diperpanjang, Pengusaha Mal: Memberatkan! HARIANHALUAN.COM - Pengusaha pusat perbelanjaan di Jakarta pun akhirnya berteriak setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PSBB secara ketat hingga 11 Oktober 2020. .
  • Selasa, 15 September 2020 - 08:16:47 WIB

    Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak saat PSBB, Lakukan Langkah Ini

    Biar Tagihan Listrik Nggak Bengkak saat PSBB, Lakukan Langkah Ini HARIANHALUAN.COM - PLN tetap menurunkan petugas pencatat meter listrk ke rumah pelanggan pascabayar selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta yang diperketat mulai 14 September 2020..
  • Senin, 14 September 2020 - 11:14:19 WIB

    PSBB Ketat Jakarta Malah Bikin Saham Mal Melesat, Kok Bisa?

    PSBB Ketat Jakarta Malah Bikin Saham Mal Melesat, Kok Bisa? HARIANHALUAN.COM - Ternyata PSBB Total yang digadang-gadangkan Anies tidak setotal di bayangan para pelaku usaha. Hal ini memuat emiten yang bergerak di sektor ritel maupun emiten pengelola pusat perbelanjaan alias mal dapat .
  • Jumat, 11 September 2020 - 17:30:25 WIB

    PSBB Total Jakarta, Tidak akan Berdampak Besar pada UMKM

    PSBB Total Jakarta, Tidak akan Berdampak Besar pada UMKM HARIANHALUAN.COM - UMKM dinilai lebih cepat recovery dan optimisme tinggi di masa sulit, termasuk menghadapi rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total di Jakarta. Rencana tersebut bahkan dinilai t.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]