Remisi Gayus Lebih Tinggi dari Abu Bakar Ba'asyir


Senin, 25 Mei 2020 - 12:49:08 WIB
Remisi Gayus Lebih Tinggi dari Abu Bakar Ba'asyir Abu Bakar Ba'asyir

HARIANHALUAN.COM -  Gayus Tambunan dan Abu Bakar Ba'asyir merupakan dua dari 105.325 narapidana di seluruh Indonesia yang mendapatkan remisi di Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, Rika Aprianti, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, Gayus mendapat remisi selama dua bulan, sedangkan Ba'asyir mendapatkan pengurangan masa penahanan selama 1 bulan 15 hari. Keduanya ditahan di Lapas Gunungsindur Bogor, Jawa Barat.


"Mereka dapat remisi dua bulan untuk Gayus Tambunan, terus Ba'asyir 1 bulan 15 hari," kata Rika saat dikonfirmasi, Senin (25/5).

Rika menerangkan bahwa alasan pemberian remisi terhadap dua narapidana itu adalah karena telah berkelakuan baik dan tidak melanggar peraturan.

"(Alasan) mereka berkelakuan baik di dalam, tidak melanggar peraturan di dalam yang sesuai dengan diterapkan baik persyaratan administratif maupun substantif untuk memenuhi mendapatkan remisi Idulfitri tahun ini," tutur Rika.

Gayus dihukum atas sejumlah kasus mulai dari memanipulasi pajak PT Surya Alam Tunggal Sidoarjo dengan vonis tujuh tahun penjara karena menyuap penyidik, hakim dan merekayasa pajak. Putusan ini lalu diperberat menjadi 12 tahun penjara oleh MA.

Kemudian Gayus juga dihukum karena manipulasi pajak PT Megah Citra Raya, Gayus divonis delapan tahun penjara. Lalu Gayus juga dihukum terkait pemalsuan paspor dengan vonis dua tahun penjara serta pencucian uang dan menyuap tahanan dengan vonis delapan tahun penjara.

Sementara itu, Ba'asyir merupakan terpidana kasus terorisme yang dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Pada 2019, sempat ada wacana pemerintah akan memberikan pembebasan bersyarat terhadap Ba'asyir karena masalah kesehatan. Namun, pembebasan bersyarat itu akhirnya dikaji ulang.

Dengan remisi ini, Gayus Tambunan kemungkinan akan bebas pada 27 Februari 2034. Sedangkan masa pidana Abu Bakar Ba'asyir akan selesai pada 3 Januari 2022.  (*)

loading...
 Sumber : CNNIndonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 22:04:27 WIB

    Remisi Napi saat HUT RI, Negara Bisa Berhemat Rp176,3 Miliar

    Remisi Napi saat HUT RI, Negara Bisa Berhemat Rp176,3 Miliar HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 119.175 narapidana dan anak yang tersebar di seIuruh Indonesia menerima Remisi Umum (RU) tahun 2020 pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. .
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 11:52:35 WIB

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi HARIANHALUAN.COM - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Namun Nazar belum bebas murni, melainkan mendapatkan program Cuti Menjelang Beb.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 14:38:07 WIB

    Gayus Tambunan Dapat Remisi, Yasonna Dikecam

    Gayus Tambunan Dapat Remisi, Yasonna Dikecam HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengecam pemberian remisi khusus Lebaran 2020 kepada terpidana korupsi Gayus Tambunan. Mantan pegawai negeri sipil (PNS) Direktorat Jenderal Pajak itu diberi penguran.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 09:47:42 WIB

    105.325 Napi Terima Remisi Khusus Lebaran, 365 Orang Langsung Bebas

    105.325 Napi Terima Remisi Khusus Lebaran, 365 Orang Langsung Bebas HARIANHALUAN - Sebanyak 105.325 narapidana dan anak beragama Islam dari seluruh Indonesia menerima pengurangan masa pidana atau hak remisi khusus (RK) Lebaran 2020..
  • Sabtu, 17 Agustus 2019 - 18:31:13 WIB

    Dapat Remisi Bebas, Maradona dan Napi Lain Sujud Syukur Depan Lapas

    Dapat Remisi Bebas, Maradona dan Napi Lain Sujud Syukur Depan Lapas BANTEN, HARIANHALUAN.COM - Enam orang narapidana melakukan sujud sukur di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Serang setelah mendapatkan remisi bebas bersyarat di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Jumat (1.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]