Jepang Siap Cabut Status Darurat Nasional Corona Secara Bertahap


Senin, 25 Mei 2020 - 12:07:04 WIB
Jepang Siap Cabut Status Darurat Nasional Corona Secara Bertahap Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Jepang siap mencabut status darurat nasional virus Corona (COVID-19) pada hari Senin (25/5/2020). Status darurat akan dicabut secara bertahap usai pergerakan kasus Corona baru melambat.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/5) dibandingkan dengan Eropa, Amerika Serikat, Rusia dan Brasil, Jepang telah terhindar dari pandemi terburuk ini. Yakni dengan total 16.581 kasus Corona dan 830 kematian.

Namun dengan infeksi yang mengancam akan kehabisan kendali, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan keadaan darurat awal bagi Tokyo dan enam wilayah lainnya pada 7 April - yang kemudian meluas untuk mencakup seluruh negara.

Bisnis dan sekolah didesak untuk ditutup dan orang-orang diminta untuk tetap di rumah. Tetapi "lockdown" Jepang jauh lebih lunak daripada di bagian lain dunia dan tidak ada hukuman bagi siapa pun yang melanggar aturan.

Warga sebagian besar tetap mengindahkan perintah itu. Sebagian besar jalan-jalan terkenal di Tokyo menjadi sepi, dan jumlah infeksi baru telah turun dari puncaknya sekitar 700 per hari menjadi hanya beberapa lusin secara nasional.

Tampaknya tidak ada satu alasan tunggal mengapa pandemi ini lebih sulit melanda Jepang, daripada negara-negara lain yang sebanding.

Tingkat kebersihan dan kesehatan umum yang tinggi, melepas sepatu di dalam ruangan, masker yang dipakai secara luas, membungkuk sebagai salam alih-alih berjabat tangan atau berciuman: semua telah dikemukakan sebagai alasan yang mungkin menjadikan Jepang tak terlalu parah terkena pandemi ini.

Meskipun tak terkena dampak yang separah Eropa, ekonomi terbesar ketiga di dunia itu telah jatuh ke dalam resesi pertama sejak 2015. Data yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan, ada penyusutan 0,9 persen pada kuartal pertama. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 08:58:39 WIB

    Mendadak Jepang-AS Kuatkan Militer, Ini Tujuannya

    Mendadak Jepang-AS Kuatkan Militer, Ini Tujuannya HARIANHALUAN.COM-Lingkungan keamanan kawasan yang semakin parah telah mendorong  Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat pentingnya penguatan aliansi kedua negara untuk stabilitas di kawasan Asia Pasifik..
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:16:55 WIB

    Perkuat Pertahanan, Jepang Mulai Incar Indonesia

    Perkuat Pertahanan, Jepang Mulai Incar Indonesia HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan mengikuti jejak pendahulunya Shinzo Abe dengan menjadikan dua negara ASEAN, Vietnam dan Indonesia sebagai tujuan kunjungan kerja luar negeri pertamanya sejak menja.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 23:09:16 WIB

    Penduduk Usia 100 Tahun di Jepang Capai 80.000 Orang

    Penduduk Usia 100 Tahun di Jepang Capai 80.000 Orang HARIANHALUAN.COM - Data pemerintah Jepang menunjukkan bahwa hampir 1 dari 1.500 orang di Jepang saat ini sudah berusia 100 tahun atau lebih (centenarian)..
  • Rabu, 16 September 2020 - 17:12:09 WIB

    Yoshihide Suga Resmi Jadi PM Jepang

    Yoshihide Suga  Resmi Jadi PM Jepang HARIANHALUAN.COM-Yoshihide Suga resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Jepang pada hari Rabu (16/9/2020). Suga  berjanji melanjut program peninggalan Shinzo Abe..
  • Selasa, 15 September 2020 - 10:19:05 WIB

    Putra Petani Ini Bakal Jadi PM Baru Jepang Gantikan Shinzo Abe

    Putra Petani Ini Bakal Jadi PM Baru Jepang Gantikan Shinzo Abe HARIANHALUAN.COM - Partai yang memerintah di Jepang memilih Yoshihide Suga sebagai pemimpin baru untuk menggantikan Shinzo Abe, langkah yang menunjukkan ia hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri baru Jepang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]