Kiat Agar Tenang Saat Menanggapi Pertanyaan Kapan Nikah


Ahad, 24 Mei 2020 - 21:30:17 WIB
Kiat Agar Tenang Saat Menanggapi Pertanyaan Kapan Nikah Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Meski menjalani perayaan Idul Fitri di masa pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), umat Muslim tak berhenti melakukan tradisi silaturahim, utamanya melalui medium teknologi. Namun di balik silaturahim, selalu ada pertanyaan yang bagi sebagian kaum dewasa kian menyesakkan jika didengar: kapan nikah?

Memang tak seluruh remaja yang sudah cukup umur tidak suka ditanyakan kapan nikah. Hanya saja, apabila pertanyaan tersebut diulang-ulang dalam berbagai momentum pertemuan atau silaturahim, tentu saja pertanyaan tersebut sedikit banyak mengusik telinga.

Bagi segelintir orang, barangkali belum mendapatkan jodoh adalah sebuah kesulitan dalam hidup: sabar saudara, ini cobaan. Namun dalam buku Al-Faraj Ba’dasy Syiddah karya At-Tanuki dijelaskan, di puncak kesulitan sesungguhnya akan selalu ada jalan keluar.

At Tanuki menjelaskan bagaimana cobaan-cobaan memang kerap menimpa manusia. Ada yang ditimpa cobaan karena siksaan, dipenjarakan, diancam, dikucilkan, dimiskinkan, diperangi fisik, namun hanya orang-orang yang berimanlah yang dapat melewati segala cobaan tersebut. Di ujung jalan dari kesabaran itulah kemudian Allah memberikan jalan.

Untuk itu, jika pertanyaan kapan nikah dianggap sebagai sebuah cobaan oleh segelintir kaum dewasa, bersabarlah. Yakinlah bagi orang-orang yang berikhtiar, jodoh akan datang tepat pada waktunya, yang terbaik, untuk orang yang terbaik.

At Tanukhi menyerukan agar setiap manusia yang tengah didera kegalauan atau masalah untuk tenang. Sebab telah banyak orang-orang sebelum kita yang telah mengalami permasalahan berbeda-beda yang juga berat.

At Tanukhi melantunkan syairnya:

Manusia sebelum kita telah melalui apa yang kita lalui

Dan mengalami derita yang kita alami

Mungkin kau melakukan perbuatan baik pada malam harinya.

Namun kemudian kau kotori kebaikanmu itu.

Ini adalah hukum alam yang sudah berjalan sejak dahulu.

Jadi, jangan sedih, jangan galau, enjoy saja jika ada yang tanya kapan nikah. Atau agar lebih santai, tanyakan saja kembali pertanyaan pengalih perhatian yang tak menguras emosi seperti: siapakah presiden pertama RI?(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 09:40:01 WIB

    Kiat Aman Belanja Online Selama Pandemi

    Kiat Aman Belanja Online Selama Pandemi HARIANHALUAN.COM - Hari Raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi virus corona, orang diminta untuk lebih banyak berada di rumah untuk memutus penyebaran virus. P.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 07:33:45 WIB

    Kiat Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Corona

    Kiat Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Untuk menghentikan penyebaran virus corona, semakin banyak yang mengajak kita untuk tidak keluar rumah. Himbauan ini sudah diserukan, baik di Australia maupun di Indonesia. Inilah beberapa hal yan.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:06:29 WIB

    Kiat Merawat Setir Mobil agar Kinclong dan Bebas Virus

    Kiat Merawat Setir Mobil agar Kinclong dan Bebas Virus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang marak akhir-akhir ini, Anda harus lebih rajin dalam membersihkan kendaraaan, khususnya pada bagian interior..
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:38:03 WIB

    5 Kiat Berkendara Mobil agar Terhindar dari Corona

    5 Kiat Berkendara Mobil agar Terhindar dari Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia dan telah menewaskan 4 orang. Bagi pengendara yang ingin tetap beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi tetap bisa melakukannya .
  • Senin, 09 Maret 2020 - 21:05:42 WIB

    Gampang Kok..! Berikut Kiat Supaya Kulkas Awet dan Tahan Lama

    Gampang Kok..! Berikut Kiat Supaya Kulkas Awet dan Tahan Lama JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Barang-barang elektronik tentunya wajib untuk kita rawat agar bisa bertahan lama. Salah satu barang elektronik yang dibutuhkan keberadaannya sehari-hari adalah kulkas. Untuk itu menjaga kulkas sel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]