Bahaya! Rata-rata Kasus Positif Covid-19 Sumbar Berasal dari OTG


Ahad, 24 Mei 2020 - 14:37:58 WIB
Bahaya! Rata-rata Kasus Positif Covid-19 Sumbar Berasal dari OTG ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM -- Rata-rata kasus positif  Covid-19 yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG). Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan hal ini sangat berbahaya.

"Gejala OTG ini sangat berbahaya, karena kita tidak menyadari kalau yang bersangkutan terinfeksi Covid-19, gejala OTG terlihat seperti orang sehat pada umumnya," katanya, Minggu (24/5/2020).

Pada kasus OTG, orang lain maupun dirinya sendiri tidak memiliki kecurigaan dan proteksi diri, sehingga sangat memungkinkan penyebaran penularan Covid-19 semakin massive dan tidak terkontrol. 

Agar penyebaran penularan dapat dihentikan, Jasman mengharapkan kepada maayarakat untuk tetap mematuhi protab penanganan Covid-19 dengan cara jaga jarak, pakai masker, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, berolahraga dan lain-lain. Pada momen nan fitri hari ini, Sumbar mencatatkan kasus terbanyak yaitu 35 orang yang tersebar dari berbagai wilayah. 

Beberapa daerah yang melaporkan kasus positif di antaranya, Kota Padang sebanyak sebanyak 25 orang, Kota Sawahlunto dua orang, Kota Payakumbuh lima orang, Kabupaten Limapuluh Kota satu orang, Kabupaten Dharmasraya satu orang dan Kabupaten Solok satu orang.

Dari kasus 35 orang yang dinyatakan positif tersebut berasal dari 1.461 sampel swab yang diperiksa oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi selama 22 jam dibawah pimpinan dokter Andani Eka Putra. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]