Lebaran Tiba! Jangan Kalap Menyantap Hidangan di Meja


Ahad, 24 Mei 2020 - 13:08:25 WIB
Lebaran Tiba! Jangan Kalap Menyantap Hidangan di Meja ilustrasi hidangan Lebaran

HARIANHALUAN.COM -- Lebaran tiba. Setelah sebulan puasa, jangan kalap menyantap makanan yang terhidang di atas meja. Salah-salah, bisa kena batunya. Salah satu cara, yakni, memperhatikan pola dan jenis makanan penting untuk menjaga kesehatan. Karena saat Lebaran biasanya orang melakukan sejumlah kesalahan dalam mengatur pola makan. 

Hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, misalnya gangguan pencernaan hingga kenaikan berat badan. “Pada hari Idul Fitri, orang dapat menikmati satu kali makan besar, seperti makan siang keluarga. Tetapi makanlah secukupnya. Usahakan untuk tidak berlebihan,” ungkap Lama Sinjer selaku pakar diet dari Prime Hospital, Dubai, seperti dilansir Khaleej Times, Minggu (24/5/2020).

Jangan mengonsumsi makanan terlalu banyak variasi, namun cukup makan satu atau dua hidangan utama dan hindari minuman ringan, jus atau lebih baik air putih saja. Serta, jangan makan menu yang manis dan berlemak tinggi agar tak mengganggu kondisi perut. Sebaiknya jangan mengonsumsi menu olahan, namun pilihlah makanan sehat segar untuk meningkatkan kemungkinan komorbiditas kesehatan.

Jauhi asupan kafein untuk mencegah dehidrasi dan beralihlah ke minuman herbal atau kopi tanpa kafein. Jangan membebani perut dengan makanan dalam jumlah besar. Makan dalam jumlah kecil namun lebih sering. Hindari pula mengonsumsi asam jenuh dan trans-lemak seperti makanan yang digoreng dan gantikan dengan lemak sehat seperti kacang mentah dan alpukat.

Jangan juga makan larut malam karena akan membebani perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. “Kita perlu mewaspadai asupan kalori kita ketika kembali ke kebiasaan makan normal. Ingatlah ketika kita berpuasa, tubuh telah mengurangi kemampuan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar dan kalori yang tinggi dan metabolisme telah disesuaikan,” ungkap Ruba ElHourani, ahli gizi dari RAK Hospital.

Namun, ada cara untuk mengatasi itu semua. Yakni, dengan makan secara bertahap, misalnya menambahkan camilan atau makanan kecil di awal waktu makan dan menyesuaikannya menjadi tiga makanan utama pada akhirnya. Lakukan kebiasaan makan baik, misalnya buah-buahan segar dan kering seperti kurma, kismis, lalu tetap aktif melalui aktivitas fisik, makan banyak sayuran.

Gunakan metode memasak sehat dan mengganti gula sederhana dengan gula kompleks yang dapat membakar tubuh untuk waktu yang lebih lama tanpa mempengaruhi gula darah dan kalori yang dikonsumsi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]