Anies Imbau Masyarakat Tahan Diri Silaturahmi Fisik


Ahad, 24 Mei 2020 - 10:14:41 WIB
Anies Imbau Masyarakat Tahan Diri Silaturahmi Fisik Anies Baswedan

HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  mengimbau agar seluruh warga Jakarta melakukan silahturahmi Idulfitri 2020 melalui ruang virtual dan menahan diri untuk bertemu secara fisik.

Anies mengatakan jangan sampai pembatasan aktivitas di luar rumah yang diterapkan sejak Maret menjadi sia-sia karena warga tetap beraktivitas di luar rumah. Apalagi, Pemprov DKI Jakarta sudah berencana agar mengakhiri Pembatasan Sektor Berskala Besar (PSBB) pada 4 Juni mendatang.

"Sebentar lagi mau selesai, jadi saya mengimbau semuanya bahwa untuk memerangi covid-19 ini tidak bisa sendiri-sendiri. Ini sesuai dengan firman Allah bahwa Allah tidak akan mengubah nasib satu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya," kata Anies dilansir dari CNN TV di kediaman Anies, Minggu (24/5).

"Dalam rangka Idul Fitri, yuk kita tahan diri dulu di rumah, supaya kita tidak harus kembali lagi ke April-Maret. Tanggal 4 besok kita ingin PSBB berakhir di Indonesia kan," lanjutnya.

Sebelumnya, Anies menerapkan PSBB di Jakarta hingga 4 Juni untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19). Pelaksanaan tahap ketiga ini diharapkan menjadi yang terakhir.

Anies mengklaim selama pelaksanaan PSBB, tahap pertama dari 10 April hingga tahap kedua yang berakhir pada 22 Mei, penyebaran virus corona di Ibu Kota mulai menurun.

Di hari Idulfitri ini, Anies sendiri tak melakukan silaturahmi secara fisik dengan keluarga besar akibat PSBB. Namun, ia mengaku bersilaturahmi online lewat aplikasi Zoom.

"Ada silahturahmi Zoom dengan keluarga besar. Semua keluarga kami yang biasanya kami kumpul," ujar Anies.

Anies bilang momen lebaran tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19. Padahal, di kediamannya yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ini biasanya merupakan titik kumpul keluarga besarnya.

"Kalau Idul Fitri itu biasa kami kumpul di sini karena ibu (Aliyah Rasyid Baswedan) itu salah satu yang paling dituakan. Kemudian, mertua saya juga dituakan, mereka berdua di sini. Jadi, semua keluarga besar datang. Jadi, rumah ini jadi tempat kumpul keluarga saat Idul Fitri. Biasanya pukul 09.00 WIB ada yang datang sampai sore," ujarnya. (*)
 

loading...
 Sumber : CNNIndonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]