Berikut Tata Cara dan Niat Mandi Sebelum Melaksanakan Salat Ied


Sabtu, 23 Mei 2020 - 23:05:17 WIB
Berikut Tata Cara dan Niat Mandi Sebelum Melaksanakan Salat Ied Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM -- satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat sholat Idul Fitri adalah melakukan mandi sunah, memakai wangi-wangian dan mengenakan pakaian yang terbaik di hari raya. Tujuannya, sebagai bentuk syukur dan membangun suasana semangat ibadah agar semakin meningkat.

“Mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri hukumnya sunah, seperti halnya mandi pada hari Jumat, pada dua hari raya (Idu Fitri dan Idul Adha), mandi pada waktu melaksanakan ihram, untuk melakukan wuquf di Arafah, mandi pada waktu menginap di Muzdalifah, hari Tasyriq, ketika memasuki Kota Makkah, atau ketika melakukan thawaf wada,” ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin dikutip dari Okezone, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut, mandi merupakan cerminan kebersihan dan keindahan, serta dapat menjaga kesehatan. Di dalam ajaran Islam sangat menganjurkan setiap muslim menjaga kebersihan badan.

Sebab, kebersihan adalah cerminan dari seseorang bersyukur atas kesehatan badan, akan meningkatkan semangat ibadah.

Oleh karenanya, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umat Islam mandi dan memakai wewangian ketika, serta sebelum berangkat menuju tempat ibadah.

“Mandi sunah sholat idul Fitri adalah mandi yang jika dikerjakan akan mendatangkan pahala bagi yang menjalankan, dan bagi yang tidak menjalankan tidak berdosa. Namun, akan lebih baik jika dilaksanakan karena kesunahan ada pahala. Terlebih ini merupakan salah satu amalan Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Imam Malik dalam Kitab Muwatha’ menyebutkan

Artinya: “Bahwasanya Abdullah bin Umar ra selalu mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat ke masjid (sholat idul Fitri)” (HR. Malik dalam Al Muwatho' 426, atsar shohih menurut Imam Nawawi).

Amalan para sahabat tersebut, kata Ustadz Ainul Yaqin, berpedoman kepada kesunahan mandi di saat hendak sholat Jumat. Begitu juga dengan amalan ketika hendak sholat Idul Fitri, yakni disunahkan dalam keadaan bersih sebelum berkumpul dengan jamaah.

Adapun niat mandi sunah Idul Fitri adalah sebagai berikut:

"Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala,"

Artinya: “Saya niat mandi sunnah untuk idul fitri karena Allah ta’ala.”

“Dan mandinya bukan mandi biasa, namun mandinya seperti halnya mandi untuk hadas besar. Yakni harus niat terlebih dahulu, menghilangkan segala jenis najis yang menempel di badan dan mengalirkan air ke seluruh badan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki berikut lipatan-lipatan tubuh harus dibasuh semua,” terangnya. (*)

loading...
 Sumber : Okezone /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]