Pesawat Maskapai Pakistan Jatuh, 97 Orang Meninggal dan Dua Selamat


Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:06:50 WIB
Pesawat Maskapai Pakistan Jatuh, 97 Orang Meninggal dan Dua Selamat ilustrasi pesawat jatuh

HARIANHALUAN.COM -- Sedikitnya 97 orang tewas dalam insiden jatuhnya pesawat maskapai Pakistan International Airlines (PIA) di Karachi, Pakistan. Dua orang lainnya berhasil selamat dari insiden tragis ini. 

Dilansir AFP, Sabtu (23/5/2020), pesawat penumpang jenis Airbus A320 milik maskapai PIA ini berupaya melakukan sejumlah pendekatan untuk mendarat di Bandara Internasional Jinnah, Karachi, saat kecelakaan terjadi pada Jumat (22/5/2020) waktu setempat. Pesawat dengan nomor penerbangan 8303 ini tiba-tiba menabrak area permukiman dan merusak sejumlah gedung. 

Laporan AFP menyebut pesawat ini membawa 99 awak dan penumpang. Informasi ini mengkoreksi laporan sebelumnya yang menyebut pesawat penumpang ini membawa 107 orang saat kecelakaan terjadi. Pejabat kesehatan setempat menuturkan 97 orang tewas dan dua orang berhasil selamat dalam insiden ini. 

Kementerian Kesehatan Sindh menyebut seluruh penumpang dan awak telah terdata dan jasad para korban mulai dievakuasi dari lokasi kecelakaan. Sekitar 19 jasad telah berhasil diidentifikasi. Tidak diketahui pasti ada berapa korban di daratan akibat kecelakaan ini. Laporan Associated Press menyebut pesawat penumpang ini menghantam sebuah gang dan menghancurkan sedikit lima rumah warga. 

Pesawat dilaporkan jatuh di area permukiman bernama Model Colony yang sangat padat dan dihuni warga miskin. Penyebab kecelakaan ini belum diketahui pasti. Bos maskapai PIA, Arshad Malik, menyatakan penyelidikan tengah berlangsung. Dia menambahkan bahwa pesawat penumpang itu dalam keadaan baik saat kecelakaan terjadi.

Pilot pesawat itu dilaporkan menyampaikan pesan darurat 'mayday' ke menara kontrol sesaat sebelum kecelakaan terjadi. Pesawat yang mengudara dari Lahore menuju Karachi itu diketahui membawa banyak penumpang yang hendak pulang untuk merayakan Idul Fitri. Video yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat itu terbang rendah dengan kobaran api tampak melalap salah satu mesinnya. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:32:44 WIB

    Penumpang Ini Diusir dari Pesawat karena Menolak Pakai Masker dan Sumpahi Seisi Pesawat Mati

    Penumpang Ini Diusir dari Pesawat karena Menolak Pakai Masker dan Sumpahi Seisi Pesawat Mati HARIANHALUAN.COM - Seorang penumpang easyJet baru-baru menolak mengenakan masker, membuat keributan, bahkan mengumpat pada awak kabin serta sejumlah penumpang. Ia terpaksa diusir dari pesawat lantaran tingkah rusuhnya terseb.
  • Ahad, 20 September 2020 - 12:05:38 WIB

    Taiwan Kerahkan Jet Tempur Karena Dikepung Pesawat China

    Taiwan Kerahkan Jet Tempur Karena Dikepung Pesawat China HARIANHALUAN.COM - Angkatan Udara Taiwan mengerahkan jet tempur untuk kedua kalinya saat mengidentifikasi munculnya pesawat China yang melintasi pulau dan jalur Selat Taiwan. Dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (20/9/2020.
  • Senin, 24 Agustus 2020 - 09:43:48 WIB

    Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas

    Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas HARIANHALUAN.COM - Pesawat kargo yang membawa makanan, sepeda motor dan uang tunai jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di Ibu Kota Juba, Sudan Selatan. Empat penumpang dan tiga awak di dalam pesawat nahas itu tel.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 07:11:33 WIB

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera HARIANHALUAN.COM - Dua jet tempur Amerika Serikta 'mencium' sebuah pesawat penumpang Iran di atas wilayah udara Suriah. Akibat hal itu pilot mengubah ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan, yang menyebabkan sejuml.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 06:13:53 WIB

    Tegang Lagi, China Kirim Pesawat Medis Y-9 ke India

    Tegang Lagi, China Kirim Pesawat Medis Y-9 ke India HARIANHALUAN.COM - Angkatan udara China untuk pertama kalinya mengirimkan rumah sakit terbang demi meningkatkan dukungan medis di tengan panasnya konflik perbatasan dengan India..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]