PSBB di DKI Jakarta, Anies Sebut 2 Pekan ke Depan Menentukan, Kenapa?


Jumat, 22 Mei 2020 - 20:12:29 WIB
PSBB di DKI Jakarta, Anies Sebut 2 Pekan ke Depan Menentukan, Kenapa? Infografis/Situasi Aman Terkendali/Edward Ricardo

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai 4 Juni 2020. Anies mengatakan dua pekan ke depan adalah waktu yang sangat menentukan.

Menurut Anies berdasarkan angka-angka ukuran epidemologi Covid-19 di Jakarta sudah menunjukkan tanda-tanda membaik. Namun, Anies menegaskan kondisi ini belum selesai karena potensi penyebaran covid-19 masih tinggi dan berpotensi untuk terjadinya gelombang kedua.

"Karena itu kedisiplinan kita secara bersama-sama selama dua pekan ke depan akan menentukan apakah sesudah dua pekan kita bisa memulai fase transisi menuju normal baru di Ibu Kota," ungkap Anies dalam konferensi pers virtual, Jumat, (22/05/2020).

Anies mengatakan jika dalam dua pekan ke depan masyarakat tidak disiplin, maka dua pekan ke depan ini terpaksa harus diteruskan PSBB karena risiko penularan masih bisa meningkat. Saat ini merupakan masa transisi Jakarta memasuki masa transisi normal baru.

"Jadi apakah Jakarta akan bisa mulai memasuki masa transisi normal baru atau tidak, itu sangat ditentukan oleh sikap kita, perilaku kita dua pekan ke depan," jelasnya.

Di sisi lain dalam dua hari lagi, akan memasuki hari raya Idul Fitri, di hari raya banyak dari masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah, baik berbelanja, dan melakukan kegiatan-kegiatan persiapan Idul Fitri.

"Itu semua punya potensi terjadinya penularan karena itulah hari-hari ke depan penting untuk kita semua tetap berada di rumah. Untuk tetap tinggal di rumah dalam rangka menjaga supaya dua pekan ke depan Jakarta tetap terus aman," katanya.

Sebelumnya Anies mengatakan, perpanjangan PSBB sampai 4 Juni bisa jadi merupakan PSBB penghabisan. Diharapkan kehidupan masyarakat akan kembali normal seiring dengan penurunan kasus positif Covid-19.

"Pemprov DKI Jakarta bersama Gugus Tugas DKI Jakarta menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Jakarta akan menambah status PSBB selama 14 hari mulai 22 Mei - 4 Juni. Dan ini akan bisa menjadi PSBB penghabisan, jika kita disiplin," papar Anies, Selasa, (19/05/2020).

Menurutnya perpanjangan ini dilandasi dari kajian ilmiah saintifik dari tim ahli epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (FKM UI). Semakin banyak orang yang berada di rumah, maka angka penularan Covid-19 juga akan semakin kecil. (*)

loading...
 Sumber : CNNIndonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:06:40 WIB

    Jakarta Bakal PSBB Ketat Lagi? Begini Kata IDI

    Jakarta Bakal PSBB Ketat Lagi? Begini Kata IDI HARIANHALUAN.COM - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan, DKI Jakarta harus siap menarik rem darurat kembali. Pengetatan PSBB lagi, kata dia, sangat mungkin terjadi mengingat ada.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 11:16:04 WIB

    Dampak Positif PSBB Transisi: Bisa Kembalikan Pekerja yang Sempat Dirumahkan

    Dampak Positif PSBB Transisi: Bisa Kembalikan Pekerja yang Sempat Dirumahkan HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menilai dengan adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta, membuat .
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 08:38:40 WIB

    7 Aturan Baru Selama PSBB Transisi Tahap II, Sekolah Masih PJJ

    7 Aturan Baru Selama PSBB Transisi Tahap II, Sekolah Masih PJJ HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada hari Minggu (11/10/2020) memutuskan, Jakarta kembali akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi tahap II. Menurut Gubernur DKI Anies Baswedan, PSB.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 07:11:18 WIB

    Pakar Kesehatan Nilai PSBB Transisi Tak Efektif di Jakarta

    Pakar Kesehatan Nilai PSBB Transisi Tak Efektif di Jakarta HARIANHALUAN.COM - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menilai, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi tak efektif diterapkan di DKI Jakarta.  PSBB yang optimal (ketat) .
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 18:39:13 WIB

    Kasus Corona DKI Meledak Hari Ini, Padahal Besok PSBB Transisi

    Kasus Corona DKI Meledak Hari Ini, Padahal Besok PSBB Transisi HARIANHALUAN.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan perkembangan kasus Covid-19 RI per Minggu (11/10/2020) pukul 12.00. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kasus positif Covid-19 bertambah 4.497 menjadi 333.449.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]