Siaga Corona, Petugas Kebersihan B3 di Padang Dibekali APD


Rabu, 13 Mei 2020 - 06:02:20 WIB
Siaga Corona, Petugas Kebersihan B3 di Padang Dibekali APD Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat gencar mematuhi protokol tanggap Covid-19 sesuai dengan standarisasi yang ada. Salah satunya dengan membekali para petugas kebersihan yang bekerja mengangkut sampah bahan beracun dan berbahaya (B3) menggunakan alat pelindung diri (APD).

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, pihaknya membekali setiap petugas kebersihan yang bekerja mengangkut sampah B3 dari tempat karantina pasien Covid-19 menggunakan APD standar sesuai protokol kesehatan Covid-19. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi petugas kebersihan ikut terpapar Covid-19 dari sampah infeksius tersebut.

"Kita lengkapi dengan APD standar Covid-19 tentunya," kata Mairizon, baru-baru ini.

Menurut Mairizon, setiap hari ada tiga petugas kebersihan yang mengangkut sampah infeksius dari tempat karantina yang ada di Kota Padang. Namun pembakaran sampah limbah medis tersebut hanya dilakukan dua kali dalam satu pekan di insinerator milik Semen Padang di Lubuk Kilangan.

"Kita masih menumpang pembakaran sampah infeksius di Semen Padang. Kalau sampah medis di rumah sakit dikelola oleh mereka sendiri," tuturnya.

Lebib lanjut, kata Mairizon, setelah menggunakan APD standar usai mengangkut sampah di tempat karantina, APD petugas kemudian dibakar. Pemakaian APD hanya untuk satu kali pakai, sehingga petugas kebersihan akan lebih aman dalam bekerja.

Mairizon menambahkan, untuk petugas kebersihan yang bekerja di lapangan dan yang mengangkut sampah rumah tangga masih menggunakan peralatan seperti biasanya. Namun hanya ditambah dengan penggunaan masker, karena memang sudah diwajibkan memakai masker ketika berada di luar rumah.

"Masyarakat agar tidak sembarangan membuang masker medis, harus terlebih dahulu digunting dalam potongan kecil sebelum dibuang ke dalam tong sampah. Sehingga tidak guna disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab," ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]