Disdikpora Solsel: PBM di Rumah Tidak Dibebani Target Capaian Kurikulum untuk Kelulusan Siswa


Ahad, 10 Mei 2020 - 01:24:09 WIB
Disdikpora Solsel: PBM di Rumah Tidak Dibebani Target Capaian Kurikulum untuk Kelulusan Siswa Ilustrasi

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Semenjak wabah Covid-19 mulai merebak di Nusantara proses belajar mengajar (PBM) di sekolah dialihkan ke rumah menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau sistem luar jaringan (luring), apabila wilayah sekitar lingkungan sekolah tidak mendapatkan akses internet.

Pelajar di Solok Selatan (Solsel), mulai melakukan PBM dirumah terhitung 21 Maret 2020 dan masih berlangsung hingga 14 Mei 2020. Dan selama ramadhan, PBM difokuskan terhadap pengisian agenda ramadhan secara jujur oleh siswa dan diketahui wali murid.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solsel, Novrizon saat dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu (9/5/2020) mengatakan pembelajaran dari rumah tidak dibebani untuk menuntaskan capaian target kurikulum pendidikan untuk ketentuan kenaikan kelas ataupun kelulusan. 

Ia menyebutkan, hal ini sesuai kebijakan pendidikan dimassa penyebaran Covid-19, yang merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam massa darurat penyebaran Covid-19. Serta, Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan.

"Selama PBM di rumah, ada yang sistem daring dan luring. Setiap tugas siswa dipandu guru dan difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup. Umpan balik dari pemberian tugas tersebut bersifat kualitatif tidak dijadikan penilaian kenaikan kelas atau kelulusan siswa," kata Novrizon.

Kelulusan siswa dijenjang SMP, ujarnya, ditentukan oleh rapat dewan guru dengan formulasi penilaian akhir sekolah dari portofolio rapor semester satu kelas 7 sampai semester dua pada kelas sembilan, ditambah tugas-tugas sebelum pandemi Covid-19.

Begitupun untuk kelulusan jenjang SD, ditentukan oleh rapat dewan guru dengan formulasi pengolahan, untuk nilai akhir sekolah diambil dari portofolio nilai rapor semester satu kelas 4 sampai semester dua kelas 6, ditambah tugas-tugas sebelum Covid-19.

Pihaknya mencatat, sekitar 20 persen SD di Solsel belum mampu menerapkan  sistem pembelajaran daring, dan sekitar 5 persen setingkat SMP. "Sekolah ini masih menerapkan PBM di rumah secara luring karena terkendala tidak adanya akses internet," sebutnya, ada kisaran 147 SD dan 39 SMP di kabupaten itu.

Terpisah Kepala SDN 13 Simancuang, Gushendri Yenti menyatakan pihaknya belum mampu menerapkan sistem pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, karena tidak adanya akses internet.

"Siswa tetap belajar dirumah, dimana setiap tugas yang diberikan pada siswa dikumpulkan setiap pekan oleh perwakilan kelompok orangtua murid. Guru diberikan sistem piket," kata Kepala sekolah yang memimpin SD yang terletak dalam kawasan hutan nagari Jorong Simancuang, Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo itu. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:41:46 WIB

    Empat Pegawai Disdikpora Naik Haji

    BUKITTINGGI, HA­LU­AN — Empat pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Ol­a­h­raga (Disdikpora) Kota Bukittinggi memperoleh ke­sem­patan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini..
  • Kamis, 02 Juni 2016 - 04:56:14 WIB

    Disdikpora Persiapkan Pesantren Ramadan

    BUKITTINGGI, HALUAN — Menyambut masuknya Bulan Suci Ramadan 1437 H, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dis­dikpora) Kota Bukittinggi melakukan pem­bahasan persiapan kegiatan pesantren Ra.
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 04:53:33 WIB

    Disdikpora Sosialisasika SNP

    BUKITTINGGI, HALUAN — Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Bukittinggi memberikan sosialisasi kajian dan analisis mutu pengelolaan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) kepada Kepala sekolah SMP, SM.
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:25:12 WIB

    Disdikpora Beri Pembekalan Pada Pelajar

    Agam, Haluan — Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Agam, memberikan pembekalan kepada pelajar dan pemuda terhadap peduli penanggulangan masalah narkoba di aula Disdikpora itu, Selasa (19/4)..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]