Mantap! Efek Corona, Sampah Kota Padang Susut 100 Ton Per Hari


Rabu, 06 Mei 2020 - 12:02:34 WIB
Mantap! Efek Corona, Sampah Kota Padang Susut 100 Ton Per Hari Ilustrasi sampah/katadata.co.id

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Imbas penyebaran virus Corona atau Covid-19 rupanya tak hanya memberikan pengaruh negatif terhadap perekonomian rakyat. Namun, juga memberikan pengaruh positif bagi daerah. Buktinya sejak kebijakan Work From Home (WFH), terjadi penurunan volume sampah di Kota Padang karena pembatasan aktivitas perdagangan.

"Selama pandemi Covid-19 terjadi penurunan volume produksi sampah di kota Padang. Setidaknya terjadinya pengurangan sampah sekitar 100 ton setiap harinya," beber Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon, kemarin.

Biasanya menurut Mairizon, produksi sampah di kota Padang mencapai 500 ton setiap hari. Namun saat pandemi Covid-19, Mairizon mengklaim, sampah yang dihasilkan dan sampai ke tempat pembuangan akhir (TPA) Air Dingin di Lubuk Minturun tidak pernah lebih dari 400 ton dalam sehari.

"Ada pengurangan sampah mencapai 100 ton setiap harinya," ujar Mairizon.

Terjadinya penurunan produksi sampah, menurut Mairizon, akibat pembatasan aktivitas perdagangan masyarakat di daerah ini. Banyak rumah makan, restoran, hotel, dan tempat wisata yang tutup karena terimbas pandemi Covid-19. Alhasil sampah yang ada saat ini hanya berasal dari rumah tangga.

"Banyak sektor perdagangan dan wisata yang tutup, tentunya tidak ada produksi sampahnya. Selain sampah rumah tangga, juga didominasi sampah medis," ulas Mairizon.

Oleh karena itu, Mairizon mengimbau agar masyarakat yang menggunakan masker medis bukan dari kain untuk dapat menggunting masker menjadi bagian kecil sebelum dibuang ke dalam tempat sampah. Hal tersebut guna mengantisipasi adanya oknum yang akan menyalahgunakan masker tersebut. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 April 2020 - 20:47:24 WIB

    Mantap! BRI Sediakan Penginapan untuk Tenaga Medis RS Unand

    Mantap! BRI Sediakan Penginapan untuk Tenaga Medis RS Unand PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berkomitmen bersama seluruh stake holder untuk bergerak cepat membantu penanganan wabah corona di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat. Salah satu wujud nyata BRI .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]