Petani dari Solsel dan Solok Toreh Prestasi Nasional di Tengah Pandemi Corona


Senin, 13 April 2020 - 12:55:05 WIB
Petani dari Solsel dan Solok Toreh Prestasi Nasional di Tengah Pandemi Corona Duta Petani Mileneal asal Sumbar ketika talk show Menuju Agropreuner Muda Berprestasi melalui Gerakan Literasi di Bogor, awal Maret 2020.

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Dua orang duta Petani Mileneal dan duta Petani Andalan Pembangunan Pertanian asal Sumatra Barat (Sumbar) dikukuhkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara video conference (vicon) disebabkan wabah Covid-19, Senin (13/4/2020).

Duta Petani Milenial dari Sumbar yaitu Teuku Firmansyah asal Kabupaten Solok yang mengelola Koperasi Solok Radjo dan Attila Majidi Dt. Sibungsu asal Solok Selatan (Solsel) pengelola Teras Kopi Pak Datuak.

Duta Petani Milenial asal Solsel, Attila Majidi Dt. Sibungsu mengatakan, pengukuhan ini dilakukan se-Indonesia, di mana ada sebanyak 67 orang Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan Pembangunan Pertanian.

"Sedianya acara akan dilaksanakan secara tatap muka di Cibodas, Jawa Barat. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 maka acara dilaksanakan secara video conference," sebut Attila pada Harianhaluan.com, Senin (13/4/2020).

Ia menyatakan, pengukuhan Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan bukan titik akhir, namun justru langkah awal sinergi untuk berbuat lebih nyata bagi pembangunan pertanian di Indonesia. "Ayo jangan menunggu lagi, kerja teras dan cerdas. Satukan langkah untuk ketahanan pangan Indonesia," ajak Attila.

Menurutnya, masih banyak potensi pertanian on farm dan off farm yang perlu digarap di Sumbar. "Ada yang sudah sukses dalam budidaya (hulu) namun terkendala dalam penjualan, distribusi dan sentuhan nilai tambah produk," katanya.

Ia menambahkan, hal ini bisa menjadi peluang bagi peminat wirausahawan pertanian. Bisa membuka peluang kerja dan membantu petani. Generasi muda bisa menjadi petani atau terlibat di hulu pertanian dan hal itu juga sudah sangat membantu petani.

Ia mencontohkan, pertanian komoditi kakao, minyak atsiri di Sawahlunto, serta produk hortikultura di Solok. "Dan beras di semua kab/kota selalu menjadi incaran. Saya yakin dengan kreativitas dan sentuhan generasi muda maka produk pertanian unggulan Sumbar akan menjadi keren dan terkenal. Anak muda Indonesia harus bangga punya produk pertanian sendiri," ulasnya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]