DPRD Agam: Bantuan Masyarakat Miskin Terdampak Covid 19 Harus Tepat Sasaran


Senin, 06 April 2020 - 19:01:44 WIB
DPRD Agam: Bantuan Masyarakat Miskin Terdampak Covid 19 Harus Tepat Sasaran Doddi

LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Agam dari Partai Demokrat Doddi mengungkapkan penanganan wabah Covid 19 bukan tugas eksekutif maupun legislatif saja, tetapi seluruh elemen yang ada harus saling bahu membahu untuk lolos dalam ujian ini.

"Wabah Corona Virus Covid-19 sudah sangat membahayakan terhadap keselamatan masyarakat banyak dan sangat meresahkan sekali. Kita semua harus solid untuk lolos dari tantangan ini," kata Doddi, Senin (6/4).

Menurutnya, berdasarkan edaran dari pemerintah pusat, pemerintah daerah sudah bisa melakukan penganggaran, memotong kegiatan belanja dan dapat dialihkan ke penanganan virus Corona. Hal ini, lanjutnya, adalah kabar yang membahagiakan, tinggal lagi mengalokasikan dan mendistribusikan bantuan itu tepat sasaran. 

Dikatakannya, bantuan kebutuhan sehari-hari masalah perut tidak bisa ditoleransi, solusi bantuan sembako oleh pemerintah sangat membantu masyarakat, bagaimana menyikapi bantuan ini bisa jauh lebih efektif juga penting. 

"Bantuan harus tepat tepat sasaran, tepat guna dan dapat dipertanggungjawabkan dari sisi anggarannya. Dari mana sumber anggarannya, kalo ada kegiatan yang dipangkas atau dipotong kegiatan apa saja. Masyarakat berhak untuk mengetahui. Penerima bantuan juga harus tepat sasaran," jelasnya. 

Yang tak kalah pentingnya bagaimana memberikan alat pelindung pelindung diri (APD) untuk dokter, perawat, bidan di rumah sakit serta di puskesmas-puskesmas, dan juga relawan se Kabupaten Agam. 

Doddi mengingatkan kembali, Pemerintah Kabupaten Agam, camat dan wali nagari untuk bersama-bersama aktif dalam melakukan pencegahan secara bersama dengan DPRD Kabupaten Agam. 

"Secara prinsip tahapan pendistribusikan bantuan-bantuan ke masyarakat tentulah harus sesuai dengan mekanisme atau aturannya, agar semua berjalan secara maksimal serta bantuan tersebut dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," ungkapnya. (*)
 

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]