Solo Umumkan Status KLB Corona, Sekolah Diliburkan


Sabtu, 14 Maret 2020 - 08:08:18 WIB
Solo Umumkan Status KLB Corona, Sekolah Diliburkan Foto: Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

SOLO,HARIANHALUAN.COM-Setelah satu pasien suspect virus  corona meinggal di RSUD dr. Moewardi,Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo  beregerak cepat  menetapkan Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) virus Corona. Sekolah di Solo diliburkan selama 14 hari ke depan.

"Sekolahan SD, SMP, kita liburkan, belajar di rumah. SMA-SMK masih ujian, maka tidak kita liburkan, namun kita terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)," ujar Rudy kepada wartawan, Jumat (13/3/2020) malam.

Rudy menyampaikan hal tersebut usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di rumah dinas Loji Gandrung, malam ini. Para kepala dinas hingga kepolisian turut hadir mengikuti rakor. Keputusan ini diambil setelah dua orang warga Solo dinyatakan positif Virus Corona atau COVID-19, dan salah seorang di antaranya meninggal dunia.


Selain itu, apel dan upacara di kantor pemerintahan juga ditiadakan. Seluruh kegiatan dalam waktu 14 hari ke depan yang menghadirkan massa banyak akan ditiadakan.

Kebijakan sekolah di Solo libur selama 14 hari itu terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona menyusul meninggalnya satu pasien positif di RSUD dr. Moewardi, Rabu (11/3/2020) lalu.

Sekolah sekolah di Solo libur, para siswa diharapkan belajar di rumah masing-masing. Wali Kota mengatakan kebijakan ini bisa diperpanjang menyesuaikan dengan perkembangan situasi.

"Untuk jenjang SMA tetap masuk karena sedang ada ujian," kata Rudy, sapaan akrab Wali Kota, kepada wartawan, Jumat (13/3/2020).

Selain meliburkan sekolah, Pemkot Solo  juga menunda sejumlah agenda yang akan digelar dalam waktu dekat. Agenda itu di antaranya Solo Culinary Festival, Solo 24 Jam Menari, Pocari Run, Musrenbang, pertunjukan wayang orang tiap Sabtu, car free day, dan lomba kelurahan.

Tak hanya itu, sejumlah tempat wisata dan tempat berkumpul massa ditutup termasuk Taman Sriwedari.

"Transportasi untuk wisata juga tidak beroperasi," imbuh Rudy. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]