Dinkes Sumbar Buka Posko Penanganan Suspect Corona


Jumat, 13 Maret 2020 - 21:36:07 WIB
Dinkes Sumbar Buka Posko Penanganan Suspect Corona ilustrasi Virus Corona.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mulai merebaknya virus Corona di Sumbar membuat Dinas Kesehatan mulai melakukan pemantauan terhadap masyarakat atau orang dalam pantauan (ODP). Teranyar, Dinkes Sumbar sendiri sudah membuat posko Suspect Corona untuk pengawasan terhadap orang-orang yang diduga terjangkit.   

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar, Linarni Jamil kepada harianhaluan.com di kantornya, Jumat (13/3) menyebut, posko Suspect Corona ini sendiri ditempatkan di lantai 1 Kantor Dinas Kesehatan Sumbar, Jalan Perintis Kemerdekaan No.65 A Padang sebagai pusat layanan informasi tentang corona di daerah tersebut. 

"Siapapun bisa datang ke posko ini dan melaporkan semua aktifitas terkait suspect Corona di Sumbar, termasuk dari instansi kesehatan yang membutuhkan fasilitas seperti masker, alat pelindung diri dan hand sanitizer untuk antisipasi," jelasnya. 

Dikatakannya, fungsi dari posko tersebut diantaranya, menerima notifikasi orang dalam pantauan (ODP) melalui Health Alert Card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan yang dikeluarkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) laut dan udara, termasuk juga fungsi memberikan notifikasi ke seluruh Kabupaten dan Kota terkait OPD dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Posko ini juga memberikan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang Covid-19 dan tempat konsultasi bagi pemerintah Kabupaten dan Kota dalam merujuk pasien Covid-19," katanya.

Kemudian, juga melaporkan setiap hari perkembangan kasus Covid-19 ke Public Health Emergency Operation Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan melalui Subdit Penyakit Infeksi Emergin (PIE). 

"Lalu, posko ini juga mengirim sampel ke Litbangkes, memberikan informasi hasil laboratorium, pemeriksaan spesimen ke rumah sakit rujukan (RSUP DR. M. Djamil Padang dan RS Ahmad Muchtar Bukittinggi) dan notifikasi ke KKP. Termasuk memutuskan karantina kontak bila terjadi kasus konfirmasi," ujarnya. 

Dinkes Sumbar juga menyedikan layanan hotline melalui nomor kontak 081363478384 dan 08116609399. "Jadi, jika ingin mengetahui informasi tentang perkembangan dan pelayanan Covid-19, silakan hubungi nomor layanan tersebut," tutupnya. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]