Banjir Bandang di Agam! Sekolah, Musala dan Jembatan Dilaporkan Rusak


Kamis, 12 Maret 2020 - 20:42:55 WIB
Banjir Bandang di Agam! Sekolah, Musala dan Jembatan Dilaporkan Rusak Kondisi terkini pascabanjir bandang yang terjadi di Agam.

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Agam menyebabkan banjir bandang di Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Kamis (12/10). Banjir membawa material lumpur merendam rumah masyarakat. 

Selain itu, dari informasi yang dihimpun Jembatan Balai Sitalang penghubung menuju Kecamatan Palembayan rusak parah sehingga jalur terputus. Selain itu material banjir juga menghantam satu sekolah, serta merendam  rumah masyarakat. 

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan, Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi membenarkan, bencana Galodo melanda Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Kamis (12/3), sekitar pukul 16.30 WIB.

Menurutnya, satgas BPBD sudah turun ke lokasi, bersama pemerintah kecamatan, nagari, setempat melakukan evakuasi terhadap banjir susulan. Material Banjir merobohkan dinding ruang belajar MTSn Batu Kambing sebanyak dua unit. Kemudian, merobohkan dinding mushala MTsn Batu Kambing sebanyak 1 unit dan dinding ruang osis MTSn Batu Kambing, untuk pastinya masih didata. 

"Banjir merendam rumah sebanyak 30 unit dengan ketinggian 50 centimeter hingga 1 meter. Kondisi banjir sudah surut namun meninggalkan material lumpur yang masuk ke dalam rumah warga setinggi 30 sampai 50 centimeter," katanya.

Pemuda setempat, Roni mengatakan, material lumpur masih menggenangi rumah masyarakat, bajir badang datang begitu mendadak, sehingga sangat mengejutkan masyarakat. "Saat ini air sudah surut cuma lumpur masih menggenangi rumah masyarakat, jembatan penghubung ke palembayan rusak, sehingga tidak bisa dilalui," jelasnya. (*)

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 23:23:39 WIB

    Jumat Malam, Banjir di DKI Jakarta Sudah Surut

    Jumat Malam, Banjir di DKI Jakarta Sudah Surut HARIANHALUAN.COM- Genangan banjir  yang melanda sebagoian kecil wilayah kota DKI Jakarta sudah surut  usai hujan lebat sore tadi, Jumat (16/10/2020). .
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 22:11:13 WIB

    Intensitas Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Talu Pasbar Terendam Banjir

    Intensitas Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Talu Pasbar Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan yang mengguyur daerah Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat dari siang hingga malam hari, mengakibatkan Puluhan rumah di Jorong Harapan, Nagari Sinuruik, terendam banjir. Se.
  • Kamis, 24 September 2020 - 10:01:13 WIB

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan HARIANHALUAN.COM - Banjir yang disebabkan oleh hujan deras dan angin kencang pada Rabu (23/9/2020) kemarin menggenangi pemukiman warga di Kabupaten Pessel. Banjir dengan debit air hingga lutut orang dewasa tersebut terjadi di.
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:31:36 WIB

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang menguyur pada beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatab (Pessel) dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di daerah tersebut, Rabu (23/9)..
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:24:09 WIB

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel HARIANHALUAN.COM - Selain Kota Padang, banjir juga melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Hingga kini, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tengah berjibaku untuk melakukan antisipa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]