WhatsApp di Afrika Lebih Banyak Fiturnya, Kok Bisa Ya?


Kamis, 12 Maret 2020 - 06:41:01 WIB
WhatsApp di Afrika Lebih Banyak Fiturnya, Kok Bisa Ya? WhatsApp di Afrika Lebih Banyak Fiturnya, Kok Gitu? (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bukan rahasia lagi kalau WhatsApp adalah aplikasi pesan instant terpopuler di dunia. Di luar fakta tersebut, banyak pengguna menginginkan lebih banyak fitur seperti pesan yang bisa dijadwalkan, atau fungsi mengirimkan file berukuran besar. Di Afrika, penggunanya bisa memakai WhatsApp yang lebih kaya fitur.

Rupanya, para pengguna di Afrika menggunakan WhatsApp versi yang sudah dimodifikasi. Berdasarkan laporan yang dikutip dari Quartz, WhatsApp mod atau WhatsApp versi yang diutak-atik ini tentu saja tidak tersedia di toko aplikasi manapun.

Jadi, para pengguna ini mendownload versi modifikasi WhatsApp dari sumber tidak resmi, atau membaginya secara offline dari perangkat ke perangkat. Quartz menemukan bahwa 'WhatsApp ilegal' seperti GBWhatsApp dan YoWhatsApp, malah lebih populer di kalangan para pengguna di Afrika ketimbang Facebook dan Messenger yang masih satu atap dengan WhatsApp.

Di WhatsApp versi modifikasi, ada sejumlah fitur tambahan yang ditawarkan antara lain password lock untuk mengunci percakapan tertentu, library theme yang melimpah untuk pilihan berganti-ganti tema, status message yang bisa disesuaikan untuk kontak tertentu, dan file preview sebelum didownload.

Dari sisi keamanan, dengan versi tidak resmi ini, ada risiko karena rentan disusupi malware. Yang lebih penting lagi untuk diketahui, obrolan dalam WhatsApp versi modifikasi ini tidak dienkripsi, sehingga peretas atau pihak manapun bisa mengintip percakapan kalian. Selain itu, ada kemungkinan WhatsApp bisa mencekal karena melanggar persyaratan dan layanan mereka.

Versi modifikasi aplikasi chat populer memang tidak umum. Selain WhatsApp, banyak juga aplikasi Telegram versi modifikasi seperti Plus Messenger dan Supergram. Perusahaan aplikasi chat pun biasanya akan selalu mengingatkan untuk tidak menggunakan versi modifikasi ini karena dapat membahayakan privasi dan keamanan. (*)

loading...
 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 10:46:28 WIB

    WhatsApp Umumkan Fitur Baru, Apa Saja Ya?

    WhatsApp Umumkan Fitur Baru, Apa Saja Ya? HARIANHALUAN.COM - WhatsApp baru saja mengumumkan fitur pencarian media yang kini sudah tersedia di layanan pesan instan untuk perangkat Android..
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 13:07:01 WIB

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya HARIANHALUAN.COM - WhatsApp dilaporkan telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, yaitu versi 2.20.201.10 dengan membawa empat fitur baru, salah satunya fitur "selalu bisukan" atau mute selamanya..
  • Sabtu, 03 Oktober 2020 - 16:38:51 WIB

    Kejutan, Empat Fitur Ini Baru Diluncurkan WhatsApp

    Kejutan, Empat Fitur Ini Baru Diluncurkan WhatsApp HARIANHALUAN.COM- "Selalu bisukan" atau mute selamanya menjadi salah satu dari  empat fitur baru yang diluncurkan WhatsApp dan telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, Sabtu ini (3/10/2020).
  • Sabtu, 03 Oktober 2020 - 10:37:12 WIB

    Boleh Coba! Aplikasi SMS Android Kini Seseru WhatsApp

    Boleh Coba! Aplikasi SMS Android Kini Seseru WhatsApp HARIANHALUAN.COM - Layanan Rich Communication Services (RCS) untuk Android kini bisa dicicipi di Indonesia. Alhasil mengirim pesan lewat aplikasi SMS di Android seseru WhatsApp..
  • Senin, 28 September 2020 - 21:21:53 WIB

    Ini Langkah yang Harus Dilakukan Jika WhatsApp Dibajak

    Ini Langkah yang Harus Dilakukan Jika WhatsApp Dibajak HARIANHALUAN.COM - Akhir-akhir ini, berita pembajakan akun WhatsApp semakin marak. Kejadian semacam itu sudah pasti merupakan hal yang paling ingin dihindari karena kita tentu tidak ingin informasi pribadi maupun akses terha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]