Mau Pesan Pelat Nomor Pilihan? Ternyata Ini Tarif Resminya


Selasa, 10 Maret 2020 - 14:01:15 WIB
Mau Pesan Pelat Nomor Pilihan? Ternyata Ini Tarif Resminya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kendaraan dengan pelat nomor khas atau "cantik" tak jarang kita temukan di jalan raya. Bila Anda beranggapan bahwa hanya orang tertentu saja yang bisa memiliki nomor pilihan, anggapan Anda tidak sepenuhnya benar. Semua orang memiliki peluang untuk memilih nomor kendaraan tertentu. Syaratnya, sanggup membayar biaya yang sudah ditentukan. 

Keinginan masyarakat untuk memiliki nomor khusus pada kendaraan yang dimilikinya bisa terpenuhi dengan mengajukan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan. Animo masyarakat untuk punya nomor istimewa ini pun nyatanya menambah pendapatan negara.

Polda Metro Jaya mengakui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan menjadi masukan negara yang cukup besar dari Polri.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengemukakan bahwa masyarakat diperbolehkan menggunakan pelat nomor pilihan yang tersedia di Kepolisian.

Namun, pelat nomor pilihan tersebut memiliki harga masing-masing sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Berdasarkan penelusuran Bisnis pada PP Nomor 60 Tahun 2016, biaya pelat nomor 1 angka tanpa huruf dikenakan tarif Rp20 juta. Sementara untuk 1 angka ada huruf biayanya Rp15 juta.

Kemudian, jika pemilik kendaraan menginginkan pelat nomor dengan 2 angka tanpa ada huruf kena biaya Rp15 juta. Jika ada huruf pada 2 angka itu, kena biaya Rp10 juta.

Selanjutnya, pelat nomor pilihan 3 angka tanpa ada huruf harus membayar biaya Rp10 juta. Jika ada hurufnya, biaya Rp7,5 juta. Kemudian, untuk pelat nomor 4 angka tanpa huruf biayanya Rp7,5 juta, sementara jika ada hurufnya biaya turun menjadi Rp5 juta.

"Cukup besar itu pemasukan negara dari pelat nomor pilihan ini. Nanti semua biaya yang masuk itu langsung disetor ke kas negara lewat PNBP," tutur Sambodo kepada Bisnis, Selasa (10/3/2020).

Sambodo menjelaskan untuk pajak kendaraan, tidak akan berpengaruh pada pelat nomor pilihan itu. Menurut Sambodo, jika pengendara masih menginginkan pelat nomor pilihan tersebut, maka akan dikenakan biaya yang sama dengan tarif awal setiap 5 tahun sekali.

"Jadi setiap lima tahun pelat nomor itu berlaku, jika masih mau pakai pelat itu ya kita kenakan tarif yang sama seperti di awal itu," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan anggota Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak akan mengistimewakan pengguna pelat nomor pilihan itu jika melakukan pelanggaran di jalan raya.

"Kami tetap akan tindak juga kalau melanggar di jalan raya," ujar Sambodo. (h/*)

loading...
 Sumber : kabar24 /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 18:20:14 WIB

    Mau Nambah Utang? Lakukan Ini Supaya Tidak Sulit Membayarnya

    Mau Nambah Utang? Lakukan Ini Supaya Tidak Sulit Membayarnya HARIANHALUAN.COM - Beberapa orang tentu memiliki alasan tersendiri mengapa mereka harus berutang. Namun tidak dipungkiri juga bahwa keberadaan utang bisa menggerus nilai kekayaan bersih, dan membuat kita sulit menabung..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 08:21:58 WIB

    Orang yang Dinaungi Zodiak Ini Terkenal Mau Buru-Buru Nikah

    Orang yang Dinaungi Zodiak Ini Terkenal Mau Buru-Buru Nikah HARIANHALUAN.COM - Meskipun hanya membutuhkan sedikit ketertarikandan kasih sayang untuk jatuh cinta dengan seseorang, pernikahan adalah goal dari sebuah perjalanan cinta yang indah tersebut. Pernikahan merupakan ikatan bukan.
  • Jumat, 11 September 2020 - 11:00:05 WIB

    Mau Pernikahan Langgeng? Simak Nasehat Michelle Obama Ini

    Mau Pernikahan Langgeng? Simak Nasehat Michelle Obama Ini HARIANHALUAN.COM - Keutuhan rumah tangga banyak orang diuji dengan datangnya pandemi Covid-19. Tokoh inspiratif Michelle Obama berbagi tips dan nasihat menjaga keutuhan rumah tangganya dengan mantan Presiden Amerika Serikat B.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 19:25:56 WIB

    Tips Bagi yang Mau Berkurban tapi Gaji Pas-pasan

    Tips Bagi yang Mau Berkurban tapi Gaji Pas-pasan HARIANHALUAN.COM - Bagi yang memiliki penghasilan atau gaji pas-pasan tentunya akan sangat sulit menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban..
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:46:41 WIB

    Mau Liburan ke Pantai? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

    Mau Liburan ke Pantai? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan HARIANHALUAN.COM - Pantai merupakan salah satu tujuan destinasi wisata diakhir pekan. Tak heran jika selalu ramai dikunjungi masyarakat ketika waktu libur. Namun saat Anda berada di pantai ada sejumlah hal yang harus diperhat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]