Pasien Suspect Corona COVID-19 Bisa Dirawat di Rumah, Ini Syaratnya


Senin, 09 Maret 2020 - 13:04:11 WIB
Pasien Suspect Corona COVID-19 Bisa Dirawat di Rumah, Ini Syaratnya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pasien suspect virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) masih diperbolehkan untuk melakukan rawat jalan. Namun pergunakan ruangan khusus, serta menjaga kebersihan rumah dengan cara yang tepat.

Ada sederet indikator pasien suspect COVID-19 untuk mungkin melakukan perawatan di rumah. Misalnya mengenali gejalanya, dipastikan tidak ada penyakit bawaan, melakukan penilaian, juga berkomunikasi dengan tenaga medis.

Setelah indikator tersebut terpenuhi, bagaimana cara menyiapkan ruangan dan menjaga kebersihan rumah untuk pasien suspect COVID-19, dengan gejala ringan? Berikut di bawah ini uraian rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang harus diikuti oleh pasien dan keluarga, Senin (9/3/2020).

Kamar berventilasi baik

Pasien harus ditempatkan di kamar pribadi, single room atau kamar untuk satu orang yang memiliki sistem ventilasi udara baik. Jendela dan pintu harus dibuka.

Batasi pergerakan

Pergerakan pasien di dalam rumah harus dibatasi, minimalisasi space atau ruang yang dipakai bersama.

Ventilasi ruangan di rumah

Tidak hanya kamar tempat pasien berada, namun ruangan lainnya misalnya dapur dan kamar mandi di rumah juga ventilasinya harus baik. Biasakan untuk membiarkan jendela di dapur dan kamar mandi itu terbuka.


Pisah kamar

Kamar para penghuni rumah lainnya harus berbeda dengan kamar pasien, jika tak memungkinkan, para anggota keluarga lain harus jaga jarak setidaknya satu meter dari pasien yang sedang sakit dan tidur di kasur atau tempat tidur terpisah.

Bersihkan kamar mandi

Bersihkan kamar mandi di rumah setidaknya satu kali dalam sehari. Langkah pertama bisa memakai sabun cuci atau deterjen rumah tangga biasa, dibersihkan dan dibilas, baru diberi disinfektan rumah tangga yang mengandung 0,5% natrium hipoklorit.


Batasi jumlah pengasuh pasien

Idealnya, WHO menyebutkan bahwa tugas sebagai caregiver atau pengasuh pasien itu idealnya cukup dijalankan oleh satu orang. Satu orang yang punya kondisi kesehatan baik, imunitas tubuhnya tidak lemah dan tidak memiliki kondisi kesehatan kronis.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]