Wah, Pemerintah Mulai Obral Insentif Buat Investor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)


Ahad, 08 Maret 2020 - 01:36:03 WIB
Wah, Pemerintah  Mulai Obral  Insentif Buat Investor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Ilustrasi. Kawasan Ekonomi Khusus. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Christine Nababan).

JAKARTA,HARIAN,HALUAN.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengobral sejumlah insentif untuk investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Fasilitas dan Kemudahan di KEK yang diteken Jokowi pada 20 Februari 2020 lalu.

Beleid diterbitkan dalam rangka meningkatkan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan berusaha di KEK yang dapat menunjang pengembangan ekonomi nasional dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

"Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), menurut PP ini, adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu," seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (setkab), Sabtu (7/3).


Berdasarkan PP ini badan usaha atau pelaku usaha yang melakukan kegiatan pada bidang usaha di KEK diberikan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam hal perpajakan, lalu lintas barang, ketenagakerjaan, dan keimigrasian.

Kemudian, kemudahan juga diberikan dalam hal kepabeanan dan cukai; pertanahan dan tata ruang; perizinan berusaha; dan/atau fasilitas dan kemudahan lainnya.

Bidang usaha di KEK yang dapat menikmati fasilitas tersebut antara lain pembangunan dan pengelolaan KEK, penyediaan infrastruktur KEK, industri pengolahan sampai hilir komoditi tertentu, dan industri manufaktur produk tertentu.

Berikutnya, industri pengembangan energi, pusat logistik, pariwisata, kesehatan, pendidikan, jasa keuangan, kreatif, riset dan pengembangan teknologi, serta bidang usaha lainnya yang ditetapkan oleh Dewan Nasional.

Fasilitas dan kemudahan perpajakan, kepabeanan, dan cukai diantaranya mencakup keringanan hingga pembebasan pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk dan pajak dalam rangka impor, dan/atau cukai.

"Berdasarkan Pasal 20, fasilitas dan kemudahan kepabeanan yang diberikan bagi badan usaha di KEK meliputi pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor barang modal dalam rangka pembangunan atau pengembangan KEK," tulis setkab.

Pemerintah daerah menetapkan pengurangan, keringanan, dan pembebasan atas pajak daerah dan/atau retribusi daerah kepada badan usaha atau pelaku usaha di KEK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak daerah dan retribusi daerah, yang diberikan paling rendah 50 persen dan paling tinggi 100 persen.

Kendati demikian, apabila badan usaha/pelaku usaha menyalahgunakan fasilitas yang diterima, pemerintah akan mengenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, pemerintah akan mencabut fasilitas terkait.

"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 97 pada PP yang diundangkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly pada 24 Februari 2020. (*)

loading...
 Sumber : CNNIndonesia.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:56:03 WIB

    Wah, Turunnya Harga Jariang Picu Terjadinya Deflasi

    Wah, Turunnya Harga Jariang Picu Terjadinya Deflasi   HARIANHALUAN.COM-Turunnya harga jengkol alas jariang  menjadi salah satu pemicu terjadinya deflasi 0,05 persen  pada September 2020 di  Kota Padang, Sumatera Barat. .
  • Selasa, 01 September 2020 - 15:04:36 WIB

    Wah, Harga Emas Antam Sudah Turun Rp10.000 per Gram

    Wah, Harga Emas Antam  Sudah Turun Rp10.000 per Gram HARIANHALUAN.COM- Harga emas dari PT Antam, anjlok sebesar Rp10.000 hingga tercatat di angka Rp1.020.000/gram. Sedangkan untuk harga jual emas Antam turut merosot Rp11.000/gram dari sebelumnya menjadi Rp920.000/gram..
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 10:07:52 WIB

    Wah, Harga Emas Antam Naik Lagi Rp3.000 Senin Ini

    Wah, Harga Emas Antam Naik Lagi Rp3.000 Senin Ini HARIANHALUAN.COM- Harga emas dari PT Antam tercatat di angka Rp1.030.000/gram atau naik sebesar Rp3.000 dari sebelumnya.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 08:02:09 WIB

    Wah, Harga Emas Tembus Rp1 Juta per Gram

    Wah, Harga Emas Tembus Rp1 Juta per Gram HARIANHALUAN.COM - Laman resmi Pegadaian menyebut, saat ini harga emas cetakan Antam ukuran terkecil 0,5 gram dibanderol Rp531.000 atau naik Rp4.000 dibandingkan dengan posisi kemarin..
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:55:48 WIB

    Wah, Dirut BPJS Kesehatan Masuk Daftar CEO Sukses!

    Wah, Dirut BPJS Kesehatan Masuk Daftar CEO Sukses! HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris masuk dalam daftar 55 Best CEO - Employees' Choice Award 2020 yang diselenggarakan oleh Iconomics. Penghargaan diberikan kepada sejumlah pemimpin perusahaan yang d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]