Paus Fransiskus Negatif Covid-19, Vatikan Laporkan Kasus Pertama Virus Corona


Sabtu, 07 Maret 2020 - 21:01:53 WIB
Paus Fransiskus Negatif Covid-19, Vatikan Laporkan Kasus Pertama Virus Corona Kota Vatikan.

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Vatikan melaporkan satu kasus pertama dari virus corona tipe baru atau Covid-19, Jumat (6/3) kemarin. Vatikan juga telah menangguhkan layanan rawat jalan di sebuah klinik setelah seorang pasien dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip Channel News Asia mengutip juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, klinik tersebut berada di kota kecil dari negara yang memiliki sekitar 1.000 penduduk. "Klinik akan dibersihkan secara mendalam, sementara ruang gawat darurat akan tetap terbuka," kata Bruni.

Pasien pertama ini dinyatakan positif pada Kamis (5/3) waktu setempat. Klinik tempat pasien pertama terdeteksi biasa digunakan oleh para pastor, penghuni, dan karyawan, termasuk mereka yang sudah pensiun serta keluarga mereka. Bruni mengatakan Vatikan segera menghubungi semua orang yang telah mengunjungi klinik, sesuai protokol. 

Dia juga mengatakan telah menginformasikan kepada otoritas Italia tentang kasus pertama. Pengumuman kasus pertama itu dikeluarkan setelah beberapa hari lalu, Paus Fransiskus yang sempat sakit dites negatif Covid-19. Paus Francis melewatkan misa di Roma setelah menunjukkan gejala mirip virus corona. 

Vatikan sebelumnya mengatakan bahwa Paus berusia 83 tahun itu memiliki sedikit keraguan dapat melanjutkan sisa pekerjaan misa.
Paus dan para pembantunya telah dikarantina dan menerima perawatan medis di dekat Santa Marta, hotel Vatikan tempat dia tinggal, tulis sebuah sumber.

Pada hari Kamis, ia membatalkan perjalanan melintasi Roma untuk merayakan Misa, dan pada hari Jumat ia menarik diri dari pertemuan tentang konferensi kecerdasan buatan. Data ini menjadikan Italia sebagai negara dengan kasus virus corona terbesar di Eropa. Pemerintah Italia telah memperpanjang masa penutupan sekolah dan universitas di tiga wilayah utara Italia setelah seminggu sebelumnya telah diliburkan. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 18:47:30 WIB

    Paus Fransiskus Terinfeksi Corona? Ini Keterangan KBRI Vatikan

    Paus Fransiskus Terinfeksi Corona? Ini Keterangan KBRI Vatikan JAKARTA,HARIANHALUAN.COM– Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Tahta Suci Vatikan mengklarifikasi kabar yang menyebut pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus, terinfeksi atau mengidap virus korona (COVID-19). .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]