Wawako Tinjau Dampak Banjir dan Berencana Normalisasi Batang Timbalun Bungus


Rabu, 04 Maret 2020 - 01:00:44 WIB
Wawako Tinjau Dampak Banjir dan Berencana Normalisasi Batang Timbalun Bungus Kawasan Pasar Laban Bungus yang terkena dampak banjir.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau kondisi beberapa kawasan yang terdampak banjir akibat luapan sungai Batang Timbalun, Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Selasa (3/3). Banjir ini disebabkan meluapnya sungai Batang Timbalun akibat tingginya curah hujan sejak Senin malam,

Debit air tak mampu ditampung aliran sungai tersebut. "Kali ini kita meninjau langsung untuk melihat apa saja dampak yang dirasakan akibat banjir semalam. Dan insya Allah kita carikan solusi dan antisipasinya ke depan," imbuh wawako di sela peninjauan di depan SDN 01 Pasar Laban, Kelurahan Bungus Selatan.

Selain tinjau dampak banjir, Hendri Septa juga meninjau rencana normalisasi Sungai Batang Timbalun yang berlokasi di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Dari keterangan Camat Bungus Teluk Kabung, M. Latif, Batang Timbalun merupakan sungai terbesar karena gabungan dari tiga sungai yang berada di kawasan Bungus Teluk Kabung.

"Keadaan geografis atau struktur serta alur sungai yang berkelok hingga 90 derajat inilah penyebab utama banjir pada curah hujan yang sangat tinggi. Selain itu, tingginya pasang air laut yang membuat lambatnya air mengalir dari hulu ke hilir," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Wawako Hendri Septa saat melakukan tinjauan ke lokasi tersebut dan mengharapkan seluruh warga serta jajaran pemerintah setempat dapat bekerjasama, supaya normalisai sungai batang timbalun dapat segera dikerjakan. Akibat meluapnya sungai ini, tiga kelurahan terdampak banjir dan berdampak hampir 80 ribu jiwa. 

"Oleh sebab itu, normalisasi ini harus segera dilakukan, tentunya kita butuh dukungan masyarakat terutama mengenai pembebasan lahan," tuturnya. 

Sembari melakukan peninjauan di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Wawako Hendri juga ikut berkesempatan manarik Pukat bersama nelayan di Pesisir Pantai Pasar Laban Bungus Teluk Kabung. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]