Rambut Perempuan Menipis Jelang Menopause, Inilah Penyebabnya


Selasa, 03 Maret 2020 - 05:08:19 WIB
Rambut Perempuan Menipis Jelang Menopause, Inilah Penyebabnya ilustrasi

LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM -- Jelang menopause, tiap perempuan mungkin merasakan keluhan atau gejala yang berbeda-beda. Salah satu keluhan yang mungkin dirasakan sebagian perempuan jelang menopause adalah rambut yang menipis.

"Hormon bisa memainkan peran besar dalam kesehatan dan juga pertumbuhan rambut Anda," ungkap Direktur Kecantikan Cosmopolitan Ingeborg van Lotringen, seperti dilansir Mail Online, Selasa (3/3).

Berdasarkan hal ini, Lotringen menilai bukan tidak mungkin bila memang menopause yang menyebabkan kerontokan rambut. Namun, menopause bukan satu-satunya faktor yang dapat memicu keroktokan rambut.

Masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan hormon juga bisa memicu terjadinya kerontokan dan penipisan rambut. Salah satu di antaranya adalah penyakit tiroid.

"Karena itu, sebaiknya periksakan diri ke dokter," lanjut Lotringen.

Memeriksakan diri ke dokter dapat membantu perempuan yang mengalami rambut rontok untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan tersebut. Dengan begitu, perempuan tersebut bisa mendapatkan terapi yang tepat untuk mengatasi keluhan rambut rontok yang mengganggu.

Di samping itu, pola makan juga turut berpengaruh terhadap kondisi rambut. Pengaturan pola makan restriktif yang membatasi asupan jenis makanan tertentu bisa menjadi pemicunya. Salah satu contoh pengaturan pola makan restriktif adalah pola makan vegan.

Pengaturan pola makan restriktif ini dapat membuat seseorang berisiko kekurangan asupan nutrisi tertentu yang penting bagi rambut. Beberapa contoh nutrisi yang penting bagi rambut adalah vitamin B2 dan B12, vitamin D dan biotin, zat besi, zinc dan asam lemak omega.

Suplemen dapat membantu mengatasi defisiensi ini. Akan tetapi akan lebih baik bila berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan suplemen yang tepat sesuai kebutuhan.

Di sisi lain, Lotringen juga menyarankan agar perempuan yang memasuki masa jelang menopause tetap menjaga dan merawat rambut mereka. Salah satunya dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mampu memperkuat rambut hingga ke akarnya.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:14:14 WIB

    Selain Bisa Buat Rambut Berkilau, Ini Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

    Selain Bisa Buat Rambut Berkilau, Ini Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang masih takut mandi dengan air dingin apalagi di pagi hari. Padahal mandi menggunakan air dingin banyak manfaatnya lho. Salah satunya bisa membuat rambut semakin berkilau. Selain it, mandiair .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:28:30 WIB

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok HARIANHALUAN.COM - Tak hanya wanita, beberapa pria juga mengalami masalah rambut rontok. Masalah rambut rontok juga tidak bisa disepelekan. Karena jika terlalu lama bisa memicu kebotakan..
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 18:00:43 WIB

    Atasi Rambut Rontok dengan Jus Bawang

    Atasi Rambut Rontok dengan Jus Bawang HARIANHALUAN.COM - Terjadinya rambut rontok dipicu karena kondisi kulit kepala yang tidak sehat atau karena penggunaan sampo. Ada cara mudah yang dapat mengatasi rambut rontok dengan ekstrak bawang..
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 07:01:21 WIB

    Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah?

    Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah? Pengetahuan tentang virus corona atau COVID-19 terus berkembang. Para peneliti di seluruh dunia sedang mempelajari virus ini dan bagaimana perilakunya. Meskipun kurang lebih kita sudah mengetahui bagaimana cara penularan da.
  • Senin, 27 April 2020 - 08:16:24 WIB

    Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Cara Mengatasinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Rambut rontok parah bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari medis, genetika, stres hingga kekurangan vitamin. Penyebab rambut rontok terus-menerus yang lainnya juga bisa jadi karena perubahan.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]