Foto Kurang Pantas Legislator Beredar, MUI Pasaman Serukan Taubat


Jumat, 28 Februari 2020 - 14:11:06 WIB
Foto Kurang Pantas Legislator Beredar, MUI Pasaman Serukan Taubat Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah menyayangkan perilaku kurang pantas seorang oknum anggota legislatif di daerah tersebut, di mana foto yang bersangkutan viral kini beredar luas ke publik.

Menurutnya, sebagai seorang pejabat publik yang dipilih oleh umat, harus bisa menjaga etika dan moralnya. Apalagi hal itu bertentangan dengan adat dan budaya masyarakat yang diwakilinya.

"Pertama kita harus cek dan ricek dulu. Tapi, jika itu benar, maka oknum legislator itu harus bertaubat kepada Allah SWT," ungkap Habibullah kepada Haluan di kantornya, Jumat (28/2).


Pada hakikatnya, mau berfoto dengan siapa pun itu adalah hak privasi seseorang. Tetapi, ketika sudah menjadi pejabat publik, apalagi  diangkat umat (rakyat), maka hukum publik, hukum umat, hukum kebersamaan diatas hukum privasi.

Legislator itu, kata dia, juga harus bertaubat secara horizontal (meminta maaf) kepada umat. Karena ada kekecewaan.

Di sisi lain secara syariat itu tidak benar, karena itu kan aurat yang dipertontonkan. Ditambah lagi mereka bukan mahram.

"Maka kembali (dia) kita ajak untuk bertaubat. Muhasabah diri, apakah pantas itu dilakukan oleh seorang pejabat publik yang dipilih oleh umat (rakyat)," ujarnya.

Ketua Baznas Pasaman ini pun mempertanyakan, apakah pejabat publik tersebut tidak paham dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK). Ditambah lagi dengan visi misi Kabupaten Pasaman yang agamais.

"Sebenarnya secara pribadi, saya ingin ketemu dengan orangnya untuk berdiskusi. Tidak untuk menghakimi, tapi mengajak saja. Mengajak, agar cita-cita Pasaman yang agamais ini terlaksana dengan baik," ujarnya.

Habibullah mengingatkan, agar pejabat publik, baik eksekutif apalagi legislatif di daerah itu dapat menjaga moral dan etikanya agar tidak menciderai dirinya sendiri, institusi juga lembaga tempat mereka bernaung.

"Untuk itu, saya mengajak, pejabat eksekutif dan legislatif harus menjunjung tinggi ABS SBK," pungkas Habibullah. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]