Waspada..! Prevalensi Kanker di Sumbar Tertinggi Kedua di Indonesia, Kaum Ibu Diminta Rutin Tes IVA


Rabu, 05 Februari 2020 - 10:05:18 WIB
Waspada..! Prevalensi Kanker di Sumbar Tertinggi Kedua di Indonesia, Kaum Ibu Diminta Rutin Tes IVA Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Mirisnya dalam tiga tahun terakhir, penderita kanker di Sumbar cenderung mengalami peningkatan. Bahkan, pevalensi penyakit kanker di provinsi merupakan yang tertinggi nomor dua di Indonesia, yakni 2,47 per 1.000 penduduk.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, sepanjang Januari hingga September 2019, terdapat 2.350 lebih penderita kanker. Beragam jenis kankernya, namun dominasinya kanker payudara, kemudian kanker serviks. Penderita kebanyakan kaum ibu.

Dr. Syamel Muhammad, SPOG, ahli kebidanan dan kandungan bagian onkologi mengatakan, masih tingginya penderita kanker di Sumbar disebabkan belum membudayanya kesadaran sejak dini untuk memeriksakan diri.

"Kesadaran sejak dini itu yang belum membudaya. Kebanyakan, penderita kanker berobat ketika telah stadium lanjut. Sebab ketika sadar terkena kanker, mereka tidak langsung ke dokter karena mungkin malu atau psikologisnya terganggu," ucap dr. Syamel.

Dr. Syamel mengimbau kaum ibu agar mawas diri untuk selalu memeriksakan kesehatannya. Jika terdeteksi menderita kanker, harus segera berobat ke rumah sakit. Sebaiknya, penderita kanker menghindari pengobatan lain yang tidak diakui secara medis, sebab berkemungkinan mengakibatkan efek samping.

"Masalah di kita, banyak yang tidak menerima dirinya kena kanker lalu berobat ke jalur selain medis untuk mendapat pembenaran bahwa tidak kena kanker. Untung kalau ramuan itu tidak menyebabkan efek samping, kalau ada efeknya, lalu siapa yang bertanggung jawab. Kalau bertambah parah bagaimana?. Sebaiknya berobatlah ke medis," imbaunya.

Sementara itu, Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar, Desra Elena mengatakan, guna menurunkan angka penderita kanker, jajaran dinas rutin ke lapangan melakukan edukasi ke masyarakat. Salahsatunya melalui IVA tes. (*)

loading...
 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 20:52:14 WIB

    Waspada..! Hal-hal Ini Bisa Memperburuk Wabah Covid-19

    Waspada..! Hal-hal Ini Bisa Memperburuk Wabah Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setiap orang bisa melakukan apa yang mereka bisa untuk ikut mencegah penyebaran virus corona. Namun di tengah situasi seperti ini, orang juga bisa mudah melakukan kesalahan..
  • Senin, 10 Februari 2020 - 03:20:37 WIB

    Waspada..! Penderita DBD Terus Bertambah, 13 Meninggal, Warga Diminta Basmi Jentik Nyamuk

    Waspada..! Penderita DBD Terus Bertambah, 13 Meninggal, Warga Diminta Basmi Jentik Nyamuk JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah korban penyakit demam berdarah dengeu (DBD) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah. Hingga kemarin, korban telah mencapai 1.145 orang dan 13 orang di antaranya meninggal dunia.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 10:41:53 WIB

    Waspada..! Coronavirus dari China Sudah Sampai di Thailand

    Waspada..! Coronavirus dari China Sudah Sampai di Thailand JENEWA, HARIANHALUAN.COM - Badan kesehatan PBB, World Health Organization (WHO) mengatakan pemerintah Thailand melaporkan ada pengunjung dari Wuhan, Cina sedang dirawat di rumah sakit di Thailand. Orang itu diidentifikasi men.
  • Jumat, 27 Desember 2019 - 08:48:16 WIB

    Waspada..! Sabu Jadi Teman Anak Muda Main Game Online

    Waspada..! Sabu Jadi Teman Anak Muda Main Game Online MATARAM, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat, Gde Sugianyar Dwi Putra, menyebut narkotika golongan satu jenis sabu-sabu sudah menjadi stimulan atau teman anak muda yang keranjingan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]