Samsat Lubuk Sikaping Aktifkan Pelayanan Tingkat Nagari


Senin, 03 Februari 2020 - 19:05:29 WIB
Samsat Lubuk Sikaping Aktifkan Pelayanan Tingkat Nagari Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman kembali mengaktifkan layanan penerimaan pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat hingga ke tingkat nagari.

"Program tersebut kami beri nama SAMSAT Nagari. Untuk wilayah Kabupaten Pasaman kami pusatkan di Kantor Wali Nagari Bahagia, Kecamatan Padang Gelugur, yang dibuka setiap hari kerja pada kantor tersebut dari hari Senin hingga Jumat," kata Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Sumatera Barat untuk wilayah Lubuk Sikaping, Reflis, Senin (03/02).

Ia menjelaskan, program tersebut digagas untuk memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan bermotor di daerah itu, untuk melunasi pajak kendaraannya. Salah satunya dengan memperpendek jarak tempuh bagi masyarakat yang berasal dari kawasan utara Pasaman karena tidak perlu lagi datang ke kantor pelayanan yang berada dikawasan Lubuksikaping.

"Jenis pelayanan di lokasi tersebut tetap sama dan berlaku umum bagi setiap pemilik kendaraan yang ingin menunaikan kewajibannnya, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos tambahan karena harus menempuh jarak cukup jauh ke pusat ibu kota kabupaten," ucapnya.

Selain layanan tersebut, lanjutnya, pihaknya juga berupaya mendekatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat luas dengan mengaktifkan pos penerimaan yang dipusatkan di beberapa pasar tradisional daerah itu.

Untuk 2020, lanjutnya, setidaknya ada 5 titik lokasi pasar tradisional yang jadi target pelayanan yakni Pasar Simpang Tonang, Pasar Kauman, Gedung Serba Guna Kecamatan Rao yang keberadaannya dekat Pasar Rao, Pasar Padang Ganting dan Pasar Kumpulan.

"Layanan ini kami aktifkan sebanyak 2 kali setiap bulannya untuk satu titik, sehingga diharapkan mampu memberi efek percepatan penerimaan negara dari sektor pajak kendaraan," ujarnya.

Ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar segera melunasi tagihan dan tunggakan pajak kendaraan yang bersangkutan.

"Jangan tunggu jatuh tempo karena sekarang ini pelunasan tagihan pajak kendaraan bisa dilakukan pada 60 hari sebelum tanggal tempo akhir yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)," tuturnya.

Terkait pencapaian pada periode 2019, ia mengaku tidak bisa memberikan data tersebut karena sudah menjadi kewenangan pihak pemerintah provinsi, alasannya karena institusi yang ia pimpin adalah bagian kecil dari total seluruh kantor pelayanan serupa se-Sumatera Barat.

"Kami lebih mengutamakan untuk memberikan layanan prima serta kemudahan-kemudahan lainnya bagi masyarakat, sehingga penerimaan negara dari sektor ini bisa terus dimaksimalkan," kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Joni Agus Saputra (33 tahun) menyatakan, sejauh ini ia bersama warga lainnya cukup puas dengan kemudahan yang diberikan institusi penerimaan negara tersebut.

"Tidak perlu mengeluarkan biaya besar lagi jika ingin mengurus pajak kendaraan, semoga pihak SAMSAT mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan yang sudah baik ini," ungkapnya. (h/ruli)

 

loading...
Reporter : Ruli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Desember 2019 - 12:40:42 WIB

    Samsat Solsel Imbau Masyarakat Manfaatkan Penghapusan Denda dan BBN non BA 

    Samsat Solsel Imbau Masyarakat Manfaatkan Penghapusan Denda dan BBN non BA  SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala UPTD Samsat Solsel, Azyun Fadril mengimbau masyarakat di kabupaten Solsel untuk segera memanfaatkan penghapusan Bea Balik Nama (BBN) Non BA dan penghapusan denda keterlambatan pembayar.
  • Kamis, 12 September 2019 - 09:18:26 WIB

    Penunggak Pajak Serbu Samsat Kota Solok

    Penunggak Pajak Serbu Samsat Kota Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Peluang yang diberikan pemerintah tentang penghapusan sanksi administerasi terhadap kendaraan mati pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ternyata dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan b.
  • Kamis, 05 September 2019 - 12:59:01 WIB

    Tingkat Kunjungan ke Samsat Padang Panjang Membludak

    Tingkat Kunjungan ke Samsat Padang Panjang Membludak PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Kunjungan masyarakat ke kantor Samsat Kota Padang Panjang membludak, seiringan dengan adanya edaran dari Pemprov Sumbar terkait penghapusan denda dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB.
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 20:19:57 WIB

    Hingga Juli Lebih 50%, Samsat Optimis Realisasi PKB Capai Target

    Hingga Juli Lebih 50%, Samsat Optimis Realisasi PKB Capai Target PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Samsat Padang Hidayat optimis realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2019 100 persen. Pasalnya, hingga Juli realisasi sudah tercapai 212.477 unit dari 398.285 unit..
  • Jumat, 07 September 2018 - 11:49:37 WIB

    Tak Perlu ke Kantor, Bayar Pajak Bisa di Bus Samsat Keliling 

    Tak Perlu ke Kantor, Bayar Pajak Bisa di Bus Samsat Keliling  PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat, Samsat Kota Padang sediakan Bus Keliling yang secara bergilir  berkunjung ke wilayah kecamatan. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]