Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah


Senin, 27 Januari 2020 - 19:54:57 WIB
Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Sejak beberapa pekan terakhir, Kota Payakumbuh, masih menghadapi cuaca ekstrim. Kondisi yang melanda Kota Payakumbuh saat ini terlihat pada Minggu (26/1) malam dan Senin siang turun hujan lebat disertai angin deras. 

Dampaknya belasan rumah warga di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Koto Nan Ampek, tergenang air akibat hujan deras tersebut hingga sore. Selain disebabkan air hujan yang turun cukup lama, genangan air juga dipicu tersumbatnya saluran drainase di sepanjang kawasan rumah penduduk akibat sampah. 

Dampaknya, air tergenang setinggi betis orang dewasa dan sempat membuat warga khawatir dan langsung menghubungi Damkar Kota Payakumbuh, untuk meminta bantuan mengeringkan air yang tergenang. Beberapa jam kemudian setelah pihak Damkar dan PUPR Kota Payakumbuh melakukan penyedotan genangan air serta pembersihan sampah yang berakibat banjir di rumah-rumah warga membuat air berangsur surut secara perlahan.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Senin (27/1) mengimbau warga untuk tertib dalam membuang sampah. Riza mengajak agar jangan lagi buang sampah ke selokan dan saluran drainase maupun irigasi.

"Kalau prilaku buang sampah sebarangan masih terjadi, nanti akan mengalami banjir, kita juga yang akan menanggung akibatnya. Karena itu, kepada masyarakat supaya tertib membuang sampah, artinya tertib waktu dan tertib lokasinya, kalau sudah banjir nanti kita semua juga bakal merasakannya, ini tidak bagus," tegas Riza Falepi.

Disamping itu, Wako Riza juga mengajak masyarakat kota ini, untuk lebih kreatif mengelola sampah plastik dengan baik, karena sampah ini lah yang paling banyak ditemukan di selokan, drainase sebagai penyebab tersumbatnya aliran air tersebut.  

"Kita menerima laporan dari tim quick respons Damkar dan BPBD, bila ada banjir atau genangan air, pasti penyebabnya sampah yang menumpuk, untuk itu wali kota mengimbau, mari kita sama-sama meningkatkan kesadaran dalam mengelola sampah," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 19:12:34 WIB

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat HARIANHALUAN.COM - Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau - Padang Pariaman, Yudha Nugraha menyebut curah hujan di Sumbar meningkat meskipun seharusnya musim kemarau..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 12:09:32 WIB

    Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona

    Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kantor Urusan Agama (KUA) tetap membuka layanan akad nikah di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, layanan tersebut hanya berlaku bagi calon pengantin (catin) yang mendaftar sebelum 1 April.
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 19:18:31 WIB

    Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana

    Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menggelar apel siaga bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor tingkat Provinsi Sumbar di Ruang Taman Hijau (RTH) Ima.
  • Senin, 25 November 2019 - 09:28:36 WIB

    Musim Hujan Tiba, Empat Kabupaten di Sumbar Dilanda Bencana

    Musim Hujan Tiba, Empat Kabupaten di Sumbar Dilanda Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hampir seluruh daerah di Sumatera Barat sudah memasuki musim hujan. Hujan dengan intensitas tinggi membuat sejumlah daerah sampai mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Badan Pananggulangan Ben.
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 20:03:51 WIB

    Hiu Tutul Terdampar di Pessel Akibat Fenomena Alam 2 Musim

    Hiu Tutul Terdampar di Pessel Akibat Fenomena Alam 2 Musim PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Peristiwa terdamparnya Hiu Tutul bernama latin di perairan laut Pesisir Selatan membuat warga setempat bertanya-tanya dan bingung. Pasalnya, peristiwa itu sudah sering terjadi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]