KPU Pasaman Tutup Pendaftaran, Pelamar Calon PPK Capai 497 Orang


Ahad, 26 Januari 2020 - 20:27:57 WIB
KPU  Pasaman Tutup Pendaftaran, Pelamar  Calon PPK  Capai 497 Orang Sejumlah pelamar sedang menjalani proses pendaftaran calon PPK di KPU Pasaman. YUDHI

PASAMAN,HARIANHALUAN.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, resmi menutup pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk gelaran Pilkada serentak 2020. Sejak dibuka pada 18-24 Januari, total pendaftar mencapai 497 orang.  

Kecamatan Lubuksikaping, menjadi kecamatan terbanyak dengan total 104 orang pelamar. Disusul Rao Selatan 50 pelamar, Padang Gelugur 49 pelamar, Rao 45 pelamar, Panti 44 pelamar, Rao Utara 37 orang pelamar, Simpati 36 orang pelamar, Duokoto 32 pelamar, Bonjol 31 pelamar, Tigonagari 29 pelamar, Mapattunggul 25 orang pelamar dan Mapattunggul Selatan 15 pelamar. 

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Eria Candra mengatakan, minat masyarakat Pasaman terhadap calon PPK sangat tinggi. Itu dapat dilihat dari antusiasme jumlah pendaftar hingga mencapai ratusan orang.

"Sampai batas waktu pendaftaran berakhir pada Jumat (24/1) lalu, jumlah pelamar mencapai 497 orang berasal dari 12 kecamatan. Pendaftar terdiri atas 253 orang laki-laki dan 244 orang perempuan," ungkap Erik, sapaan akrabnya, Minggu (26/1).

Selanjutnya kata dia, seluruh berkas dokumen pendaftaran akan di lakukan proses penelitian administrasi, 25-27 Januari 2020. Dan hasilnya akan diumumkan KPU pada tanggal 28 sampai dengan 30 Januari 2020. 

"Yang dibutuhkan sebagai tenaga PPK per kecamatan hanya lima orang per kecamatan dengan total 12 kecamatan di Pasaman. Artinya, kita (KPU) hanya butuh 60 PPK saja," katanya. 

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis 31 Januari 2020 dan hasil seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 4-6 Februari 2020. Tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 7-9 Februari 2020 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 15-29 Februari 2020. 

"Sebelum tes wawancara dilakukan, nama-nama calon PPK ini terlebih dahulu kita sampaikan ke masyarakat untuk mendapat tanggapan guna mengenali rekam jejaknya," katanya.

Sementara pelantikan PPK, kata Erik akan dilakukan pada 29 Februari. Masa kerja PPK dalam Pilkada 2020 ini hanya sembilan bulan, terhitung mulai 1 Maret sampai dengan 30 November 2020.

Jika melihat animo masyarakat yang mendaftar, Erik mengaku optimis pihaknya akan mendapatkan anggota PPK yang terbaik dan berkualitas. Menurutnya menjadi penyelenggara pemilu, merupakan sebuah anugerah dan ladang pengabdian.

"KPU Pasaman menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas antusiasme masyarakat Pasaman untuk menjadi bagian dari penyelenggara di Pilkada nanti.  Tentu ini akan semakin membulatkan tekad dan semangat kita untuk menghadirkan sebuah proses pemilihan yang betul-betul berkulitas, sukses hasil dan sukses proses," pungkasnya. (h/yud)

loading...
Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]