Awas! Makanan Pedas dalam Kondisi Perut Kosong Buruk untuk Lambung


Senin, 13 Januari 2020 - 13:39:15 WIB
Awas! Makanan Pedas dalam Kondisi Perut Kosong Buruk untuk Lambung ilustrasi makanan pedas

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Makan makanan pedas memang dapat membuat kecanduan. Bahkan, bagi mereka yang sangat menyukainya tidak akan pikir panjang untuk memakannya walau dalam kondisi perut kosong. Padahal, makan makanan pedas dalam kondisi perut belum terisi apapun berdampak buruk pada lambung, kata konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta.

"Mengonsumsi rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram," tuturnya dilansir Food NDTV.

Tak hanya itu, makan pedas saat perut kosong juga dapat memicu gangguan pencernaan. Hal ini juga disampaikan oleh Ahli Gastroenterologi dari NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu, MD, bahwa mengonsumsi makanan pedas saat perut dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan iritasi perut.

"Tidak ada makanan lain di lambung ketika makanan pedas ini menyentuh lapisannya," jelas Ganjhu, dilansir Huffington Post.

Ia menambahkan, makanan pedas paling baik disiman di dalam lambung ketika setidaknya ada sedikit makanan dalam sistem pencernaan Anda. Ganjhu pun menyarankan untuk mengonsumsi susu sebelum makan makanan pedas. Sebab, susu dapat melapisi lambung dan memecah pedas dari cabai yang dikonsumsi.

Jadi, lebih baik Anda mengonsumsi makanan lain dahulu sebelum makan pedas yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. (*)

loading...
 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 19:05:02 WIB

    Awas! Covid-19 Banyak Serang Penderita Darah Tinggi

    Awas! Covid-19 Banyak Serang Penderita Darah Tinggi HARIANHALUAN.COM -- Orang dengan penyakit penyerta menjadi kelompok yang rentan terhadap paparan virus corona, diantaranya adalah orang dengan penyakit darah tinggi alias hipertensi..
  • Selasa, 28 April 2020 - 16:22:57 WIB

    Awas! Minum Air Dingin saat Berbuka Puasa Bisa Picu Migrain

    Awas! Minum Air Dingin saat Berbuka Puasa Bisa Picu Migrain JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sepertinya menyegarkan mengonsumsi minuman dingin, seperti es buah, es teh, es sirup, atau minuman dingin lainnya saat berbuka puasa. Terlihat menggiurkan dan membuat tubuh seakan segar kembali se.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 22:47:22 WIB

    Awas! Ini Takjil yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa

    Awas! Ini Takjil yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Takjil atau makanan ringan umumnya selalu menjadi pembuka di saat buka puasa. Meski hampir semua macam takjil itu memiliki rasa yang enak, tetapi apakah ada yang sebaiknya dihindari untuk dijadi.
  • Kamis, 16 April 2020 - 15:42:37 WIB

    Awas! Luka di Kaki Mirip Cacar Air Gejala Dini Corona

    Awas! Luka di Kaki Mirip Cacar Air Gejala Dini Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Gejala utama pada virus corona jenis baru atau COVID-19 yang paling banyak dikeluhkan mencakup demam dan batuk kering, dan sebagian lain tanpa gejala. Saat ini, pakar mulai meminta masyarakat m.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]