Pesawat Boeing 737 Milik Maskapai Ukraina Jatuh Akibat Rudal?


Jumat, 10 Januari 2020 - 09:01:36 WIB
Pesawat Boeing 737 Milik Maskapai Ukraina Jatuh Akibat Rudal? Ilustrasi

TEHERAN, HARIANHALUAN.COM - Iran mengaku ragu dengan hasil laporan yang menyebut pesawat Boeing 737 milik maskapai Ukraina jatuh di Teheran akibat tembakan rudal.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya memiliki data dari berbagai sumber intelijen yang menunjukkan bahwa pesawat Ukraine International Airlines itu jatuh akibat tertembak rudal Iran.

Dikutip dari AFP, Jumat (10/1) pemerintah Iran dalam sebuah pernyataan mendesak Kanada untuk membuka informasi tersebut.

Kementerian Luar Negeri Iran juga mengundang Amerika Serikat selaku pembuat pesawat Boeing untuk berpartisipasi dalam penyelidikan kecelakaan itu.

Pesawat yang mengangkut 176 orang, terdiri dari 167 penumpang, dan sembilan kru itu jatuh di Bandara Imam Khomeini di Teheran tak lama setelah lepas landas, Rabu (8/1) pagi waktu setempat.

Sejumlah pemimpin negara mendukung dugaan Trudeau bahwa pesawat itu jatuh karena terkena rudal.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan semakin banyak bukti mendukung bahwa bahwa insiden disebabkan oleh Iran yang secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat tersebut.

Presiden AS Donald Trump menyiratkan bahwa para pejabat Washington percaya pesawat yang hendak terbang menuju Kyiv itu dihantam oleh satu atau lebih rudal Iran sebelum mendarat dan meledak.

Pesawat dengan nomor penerbangan PS752 itu jatuh tak lama setelah Iran meluncurkan rudal balistik ke basis pasukan AS di Irak. Serangan itu diluncurkan sebagai aksi balasan atas kematian perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Teheran mengatakan pihaknya siap untuk mengizinkan para ahli dari negara-negara korban kecelakaan untuk membantu penyelidikan.

Pesawat itu membawa 82 warga Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina (dua penumpang dan sembilan kru), 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman, dan tiga orang berkebangsaan Inggris.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:32:44 WIB

    Penumpang Ini Diusir dari Pesawat karena Menolak Pakai Masker dan Sumpahi Seisi Pesawat Mati

    Penumpang Ini Diusir dari Pesawat karena Menolak Pakai Masker dan Sumpahi Seisi Pesawat Mati HARIANHALUAN.COMĀ - Seorang penumpang easyJet baru-baru menolak mengenakan masker, membuat keributan, bahkan mengumpat pada awak kabin serta sejumlah penumpang. Ia terpaksa diusir dari pesawat lantaran tingkah rusuhnya terseb.
  • Ahad, 20 September 2020 - 12:05:38 WIB

    Taiwan Kerahkan Jet Tempur Karena Dikepung Pesawat China

    Taiwan Kerahkan Jet Tempur Karena Dikepung Pesawat China HARIANHALUAN.COM - Angkatan Udara Taiwan mengerahkan jet tempur untuk kedua kalinya saat mengidentifikasi munculnya pesawat China yang melintasi pulau dan jalur Selat Taiwan. Dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (20/9/2020.
  • Senin, 24 Agustus 2020 - 09:43:48 WIB

    Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas

    Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas HARIANHALUAN.COM - Pesawat kargo yang membawa makanan, sepeda motor dan uang tunai jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di Ibu Kota Juba, Sudan Selatan. Empat penumpang dan tiga awak di dalam pesawat nahas itu tel.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 07:11:33 WIB

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera HARIANHALUAN.COM - Dua jet tempur Amerika Serikta 'mencium' sebuah pesawat penumpang Iran di atas wilayah udara Suriah. Akibat hal itu pilot mengubah ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan, yang menyebabkan sejuml.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 06:13:53 WIB

    Tegang Lagi, China Kirim Pesawat Medis Y-9 ke India

    Tegang Lagi, China Kirim Pesawat Medis Y-9 ke India HARIANHALUAN.COM - Angkatan udara China untuk pertama kalinya mengirimkan rumah sakit terbang demi meningkatkan dukungan medis di tengan panasnya konflik perbatasan dengan India..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]